Kabar Kapuas

Kapuas Kembali Lakukan Pemekaran Desa dan Kelurahan, Ini Datanya

Alhasil nantinya akan menjadi desa definitif. Namun sebelum definitif, maka desa itu disebut sebagai desa persiapan.

Kapuas Kembali Lakukan Pemekaran Desa dan Kelurahan, Ini Datanya
Tribun Kalteng/Jumadi
Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kapuas, Ibak (kiri). 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kapuas sebagai unsur dari Pemkab Kapuas yang menangani pemekaran wilayah desa dan kelurahan, bersama-sama dengan bagian hukum, bagian tata pemerintahan serta dari sekda untuk saat ini sedang memproses usulan dan aspirasi masyarakat untuk pemekaran desa dan kelurahan sebanyak 18 kecamatan.

Kepala PMD Kabupaten Kapuas Ibak yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (19/1/2018) menyebutkan, untuk tahun 2017 kemarin dan sampai tahun 2018 ini, telah mempersiapkan desa persiapan menjadi desa pemekaran dengan 15 desa dan 3 kelurahan.

Alhasil nantinya akan menjadi desa definitif. Namun sebelum definitif, maka desa itu disebut sebagai desa persiapan.

"Minimal untuk desa persiapan ini satu tahun dan maksimal dua tahun. Anggota kami sudah melakukan pengecekan ke lapangan. Rencananya pengukuhan desa dilaksanakan Senin (22/1/2018)," terang Ibak.

Baca: Kenapa Pria yang Doyan Main Perempuan Disebut Hidung Belang? Ternyata Begini Sejarahnya

Disebutkannya, dari 18 desa dan kelurahan dengan rincian Kecamatan Kapuas Timur 5 desa, Bataguh 4 desa, Kapuas Kuala 1 desa, Kapuas Barat 2 desa, Kapuas Tengah 1 desa, Kapuas Murung 1 desa, Dadahup 2 desa, serta Kecamatan Mantangai 2 desa.

"Berdasarkan Undang-Undang no 6 tahun 2014 tentang desa dan Permendagri no 1 tahun 2017 tentang penataan desa harus melalui beberapa syarat-syarat pemekaran desa,"tambah Ibak.

Berdasarjan undang-undang yang dimaksud, antara lain batas usia desa induk sudah 5 tahun sejak pembentukan. (TRIBUNKALTENG.COM)

Penulis: Jumadi
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help