Kabar Kampus

Civitas Akademik STAIN Alfatah Jayapura Belajar ke IAIN Palangkaraya

IAIN Palangkaraya sendiri sebelumnya telah melakukan kerja sama dengan STAIN Alfatah dalam upaya mengembangkan sejumlah program.

Civitas Akademik STAIN Alfatah Jayapura Belajar ke IAIN Palangkaraya
tribunkalteng.com/khaitami
Pertemuan civitas akademik STAIN Alfatah Jayapura dengan pihak IAIN Palangkaraya, Kamis (21/12/2017). 

TEIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Sekokah Tinggi Agama Islam (STAIN) Alfatah Jayapura ternyata cukup serius untuk mengembangjan diri menjadi IAIN.

Bahkan secara khusus, kalangan dari civitas akademika di perguruan tinggi Islam Papua ini melakukan kunjungan ke IAIN Palangkaraya yang telah lebih dahulu sukses melakukan alihstatus.

Kamis (21/12/2017), rombongan yang dipimpin Ketua STAIN Alfatah Habib Idrus Al Hamid langsung disambut Rektor IAIN Palangkaraya Ibnu Ekmi AS Pelu.

"Prospek menuju UIN lebih besar di Papua. Tapi IAiN Palangkaraya terus berupaya mengembangkan diri menjadi universitas," ujar Ibnu.

Baca: Bawa Nama IAIN Palangkaraya, Zalida Jadi Duta Indonesia ke Amerika Serikat

IAIN Palangkaraya sendiri sebelumnya telah melakukan kerja sama dengan STAIN Alfatah dalam upaya mengembangkan sejumlah program.

Dalam hal ini, IAIN Palangkaraya juga dipercaya sebagai pengampu ntuk alihstatus STAIN Alfatah menuju IAIN.

Ubnu pada kesemoatan itu juga membeberkan sejumlah trik dalam upaya pengembsngan STAIN Palangkaraya menjadi IAIN yang telah dilakukannya.

Baca: VIDEO: STAIN Al Fatah Papua Akan Kirim Dosen Belajar ke IAIN Palangkaraya

Langkah-langkah itu pula yang diharapkan daoat dilakukan STAIN Alfatah.

"Kami mendorong STAIN Alfatah menjadi Institut. Itu mengingat, secara karakteristik Papua memiliki beberapa kesamaan dengan Kalteng," kata Ibnu.

Habib Idrus Alhamid, pada kesempatan itu menyatakan rencana pengembangan STAIN Alfatah menjadi IAIN Fathul Muluk sebagai langkah memajukan Oapua di bidang pendidikan.

"Memberangkatkan 15 orang dari tempat kami ke Palangkaraya, tentu bukan hal yang mudah. Tapi IAIN Palangkaraya bagi kami dianggap lebih terbuka dalam memberikan informasi," kata Habib.

Dia juga menyatakan kemungkinan adanya tindaklanjut kerja sama dengan IAIN Palangkaraya dalam bentuk riset kolabirasi dan KKN mahasiswa nusantara. (TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help