TribunKalteng/

Kalteng Kita

Belum Ada Madrasah di Kalteng Penuhi Standar, Begini Curhat Plt Kepala Kanwil Kemenag

Dari 27 indikator itu, ada 8 di antaranya yang sulit dipenuhi madrasah terutama swasta.

Belum Ada Madrasah di Kalteng Penuhi Standar, Begini Curhat Plt Kepala Kanwil Kemenag
HO/Istimewa
Plt Kemenag Kalteng H Baihaqi (kanan) 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Kondisi madrasah di Kalteng masih memerlukan sarana pendukung pendidikan memadai. Bahkan jika diukur berdasar kriteria standar yang ada, keadaannya masih sangat jauh.

Masalah inilah yang diungkapkan Plt Kepala Kanwil Kemenag Kalteng, H Baihaqi saat berdikusi dengan anggota Komisi VIII DPR RI di aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (14/12/2017) siang. 

“Sesuai Permendiknas No 15 tahun 2010, ada 27 indikator standar pelayanan minimal pendidikan. Untuk madrasah di Kalteng, hingga kini belum satupun yang memenuhi kriteria standar itu,” ucap H Baihaqi dalam diskusi yang dipimpin Wakil Gubernur Habib Said Ismail.

Dari 27 indikator itu, ada 8 di antaranya yang sulit dipenuhi madrasah terutama swasta.

Baca: Jarang Dimainkan, Angel Di Maria Mulai Tak Betah di Paris Saint-Germain

Ke-8 indikator itu antara lain terkait kepemilikan ruang laboratorium IPA beserta meja dan kursi untuk siswa. Hanya sekitar 18,59 persen madrasah yang telah memiliki sarana itu.

“Jangankan labolatorium IPA, ada beberapa madrasah kita yang belum memiliki toilet memadai untuk siswa putra dan putri serta guru,” timpal Baihaqi

Selain itu, indikator kepemilikan ruang kepala madrasah dan guru, dari sekitar 495 madrasah negeri dan swasta di Bumi Tambun Bungai ini, hanya 18,59 persen yang telah memiliki ruang kepala madrasah dan guru yang representatif, selebihnya belum.

Baca: Ini Daftar 21 Investasi Ilegal, Keuntungan yang Dijanjikan Tak Masuk Akal!

“Sesuai amanat permendiknas, setiap sekolah/madrasah idealnya tersedia satu ruang guru yang dilengkapi dengan meja dan kursi untuk setiap guru, kepala sekolah dan staf kependidikan lainnya. Kemudian tersedia ruang kepala sekolah yang terpisah dari ruang guru. Namun di Kalteng, utamanya di daerah amanat itu masih sulit terrealisasi,” ucapnya.

Halaman
123
Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help