Sains

Buruan Lihat ke Luar Rumah! Malam Ini Bulan Lebih Besar dan Lebih Terang

Seiring Bulan mengelilingi Bumi setiap bulan, ada satu titik di setiap siklus di mana Bulan berada pada jarak paling dekat (perigee)

Buruan Lihat ke Luar Rumah! Malam Ini Bulan Lebih Besar dan Lebih Terang
CB Devgun
Ilustrasi perbedaan ukuran supermoon dan minimoon 

TRIBUNKALTENG.COM - Nanti malam (3/12) kita akan disuguhi keindahan luar biasa di langit biru, yakni fenomena Full Cold Supermoon.

Supermoon adalah istilah populer untuk menyebut purnama yang posisi orbit Bulan sedang berada di jarak tedekat dengan Bumi.

Bulan diprediksi akan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari biasanya.

Selain dinamai Full Cold Supermoon, Supermoon ini juga disebut Big Spirit Moon atau Blue Moon.

Seiring Bulan mengelilingi Bumi setiap bulan, ada satu titik di setiap siklus di mana Bulan berada pada jarak paling dekat (perigee) dan paling jauh (apogee).

Supermoon ini akan terlihat jelas pada hari Minggu malam menjelang Senin pagi jika langit benar-benar bersih (tanpa mendung).

Dirangkum dari National Geographic, Selasa (21/11/2017), supermoon ini nantinya akan bersandingan dengan rasi bintang Taurus (banteng).

Dengan menutupi bulan dengan jempol, Anda juga bisa mencari bintang oranye Aldebaran, bintang raksasa berusia 65 tahun cahaya.

c
Pada Minggu malam, Bulan berada jarak terdekat dengan Bumi.

Secara teknis, ini akan menjadi supermoon keempat tahun ini dan merupakan satu-satunya yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

Lyle Tavernier, spesialis pendidik teknologi di NASA’s Jet Propulsion Laboratory, mengatakan:

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help