Otomotif

Perusahaan Mobil China Buka Pabrik Mesin di Indonesia, 65 Pakai Tenaga Robot

Jika melihat Toyota saja, sang raksasa otomotif dalam negeri, pabriknya baru sekitar 20 persenan mengadopsi teknologi robot

Perusahaan Mobil China Buka Pabrik Mesin di Indonesia, 65 Pakai Tenaga Robot
Ghulam/KompasOtomotif
Proses produksi Glory 580 di pabrik Sokonindo CIkande, Serang, Banten. 

TRIBUNKALTENG.COM, SERANGPT Sokonindo Automobile, resmi mengoperasikan pabrik di Cikande, Serang, Banten, Selasa (28/11/2017). Gelontoran investasinya sampai Rp 150 juta dolar AS atau Rp 2 triliunan, dan rencananya akan dinaikkan menjadi Rp 300 juta AS untuk membangun pabrik mesin.

Bukan sekedar pabrik, fasilitas produksi Sokonindo ini sudah mengimplementasi standar Industry 4.0 dan FMS (Flexible Manufacturing System), di mana 65 persen proses produksi menggunakan tenaga robot dan terkomputerisasi.

Jika melihat Toyota saja, sang raksasa otomotif dalam negeri, pabriknya baru sekitar 20 persenan mengadopsi teknologi robot untuk memproduksi kendaraannya.  

Baca: Videonya Dipotong Bikin Ustadz Abdul Somad Marah, Jamaah Malah Tertawa

"Pabrik mobil Sokonindo ini bisa disebut sebagai smart factory, dan dikenal dengan sebutan Industry 4.0, berstandar international dengan tingkat kepresisian dan daya saing yang tinggi. Penggunaan tenaga robot di pabrik ini mencapai 65 persen, dengan cara kerja konsisten, efisien dan tentu saja ketelitian yang hampir 100 persen," ujar Alexander Barus, CO-CEO  Sokonindo, Selasa (28/11/2017).

x
Proses produksi yang menggunakan robot di pabrik Sokonindo CIkande, Serang, Banten.Proses produksi yang menggunakan robot di pabrik Sokonindo CIkande, Serang, Banten.(Ghulam/KompasOtomotif)

Rekomendasi ke Jokowi

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengapresiasi pabrik mobil Sokonindo, yang sudah mengadopsi teknologi modern. Bahkan, Airlangga berencana menjadikan pabrik ini sebagai tempat belajar link and match antara dunia pendidikan dan industri (program vokasi), dan akan dilaporkan ke Presiden Jokowi.

“Sekali lagi Indonesia tidak ketinggalan, di mana kita bersama negara lain juga sudah masuk ke dalam Industry 4.0. Minimal tahun depan Sokonindo akan mendukung lima SMK, dan program studi di pabrik ini untuk industri robotik,” ujar Airlangga.

Baca: Videonya Viral! Wagub dan Kadis Berbalas Menampar, Upacara Pun Batal

“Saya pikir ini menjadi yang ter-advance, nanti saya laporkan ke Bapak Presiden bahwa kalau diatur dekat-dekat sini mungkin kita bisa lihat pabriknya bersama Bapak Presiden, dan kami akan usulkan ke beliau,” ujar Airlangga.

PT Sokonindo Automobile merupakan perusahaan manufaktur otomotif hasil joint venture antara Sokon Group Company Limited asal Hongkong, dengan PT Kaisar Motorindo Industri dari Indonesia. Sebelumnya Sokon Group telah menjalin kerjasama dengan Dongfeng Motor Corporation  produsen otomotif milik pemerintah China dan memasarkan produk bermerek DFSK.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help