TribunKalteng/

Kalteng Kita

Aneka Kreasi Inovatif Olahan Pangan Mahasiswa IAIN Palangkaraya, Ada Martabak Jamur!

Pendidikan berkarater tidak cukup dengan menjejali peserta didik dengan bekal ilmu teoritis.

Aneka Kreasi Inovatif Olahan Pangan Mahasiswa IAIN Palangkaraya, Ada Martabak Jamur!
Istimewa
Rektor IAIN Palangkaraya Ibnu Ekmi AS Pelu dan Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Slamet Winaryo foto bersama hasil produk olahan mahasiswa. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Pendidikan berkarater tidak cukup dengan menjejali peserta didik dengan bekal ilmu teoritis.

Namun lebih dari itu, setiap individu juga dituntut memiliki jiwa usaha untuk menciptakan lapangan kerja.

Hal ini pula yang telah dilakukan IAIN Palangkaraya. Hasilnya, sejumlah produk olahan inovatif mampu dibuat mahasiswanya hingga dipercaya sebagai terobosan pada ajang bertaraf nasional.

Sabtu (18/11/2017), produk olahan yang antara lain untuk oangan yang dikembangkan bio enterpreneurship mahasiswa tadris biologi jurusan pendidikan MIPA IAIN Palangkaraya dipertunjukkan.

Baca: Mahasiswa IAIN Palangkaraya Belajar Menulis Makalah Alquran

Saat itu, Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Slamet Winaryo yang secara langsung meninjau hasil produk olahan pangan dari mahasiswa yang akan ditampilkan pada Pendis Expo 2017 ICE BSD City Serpong.

"Saya terkesan dengan aktifitas di sini, ini luar biasa. Saya tertarik untuk mengajak guru-guru dan siswa IPA untuk datang dan belajar di IAIN Palangka Raya," komentar Slamet.

Dari berbagai produk olahan bio enterpreneurship mahasiswa, antara lain berupa martabak jamur, lumpia jamur, nugget jamur, siomay jamur, dan risoles jamur original.

Baca: Setya Novanto Alami Gegar Otak, Mungkinkah Kehilangan Ingatan?

Ada juga tempe kripik pedas manis, keripik tempe original, keripik tempe udang, keripik tempe jeruk purut, jamur krispy balado, jur krispy original, jamur krispy coklat, yogurt biji nangka, tempe biji nangka.

"Dalam program ini, penguasaan teknologi terapan dan pengembangan minat enterpreneur memang diharapkan bisa tumbuh pada diri mahasiswa. Sehingga paling tidak, dapat menjadi modal keterampilan yang bisa diterapkan kelak," kata Rektor IAIN Palangkaraya Ibnu Elmi AS Pelu.

(TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help