Info Sehat

Terungkap, Minum Kopi Tiap Hari Bisa Mengurangi Risiko Kanker Hati

Studi di Amerika dan Italia juga menekukan, minum kopi juga dapat mengurangi risiko sirosi hingga 70 persen.

Terungkap, Minum Kopi Tiap Hari Bisa Mengurangi Risiko Kanker Hati
net
Ilustrasi

TRIBUNKALTENG.COM - Minum tiga sampai lima cankir kopi sehari bisa mengurangi risiko kanker hati. Begitu temuan sebuah penelitian terbaru.

Para ilmuwan mengatakan, mereka yang mengonsumsi kopi dengan kadar yang pas bisa mengurangi risiko kanker hati hingga 40 persen dibanding yang tidak.

Studi di Amerika dan Italia juga menekukan, minum kopi juga dapat mengurangi risiko sirosi hingga 70 persen.

Para ahli percaya bahwa kafein, minyak kopi, kahweol, cafestol, dan antioksidan dalam kopi dapat membantu melindungi hati.

Baca: Kalteng Cabut 800 Ribu Hektare Izin Investasi Perkebunan

Dilansir dari New York Post, penyakit hati meningkat di Inggris dan Eropa. Di sana juga disebut bahwa penyakit hati kronis menjadi penyebab kematian paling umum kelima.

Penyakit hati setidaknya telah menyerang sekitar 2 juta orang Inggris. Musababnya, tingginya angka obesitas, infeksi hepatitis yang tidak terdiagnosis, dan penyalahgunaan alkohol.

Meski kanker hati kasusnya tidak terlalu banyak, tapi persentasenya meningkat—walau penyebab aslinya belum jua diketahui.

Baca: Subhanallah! Jenazah Perempuan Ini Masih Utuh dan Tak Berbau Setelah 12 Tahun Dikubur

Judi Rhys, Chief Executive of the British Liver Trust, mengatakan, “Penyakit hati adalah silent killer karena sering kali tidak ada gejalanya hingga (sering) terlambat (penanganannya).”

Kopi, katanya, adalah sesuatu yang mudah dijangkau oleh semua orang dan secara teratur mereka meminumnya—baik tubruk, instan, atau espresso.

“(Kopi) dapat membuat perbedaan dan, dalam beberapa kasus, memperlambat perkembangan penyakit hati—ini adalah pilihan gaya hidup yang mudah dilakukan,” tambah Rhys.

Masih soal berita bahagia dari kopi, awal pekan ini, para pakar mengungkapkan, cukup satu cangkir kopi bisa mengurangi risiko gagal jantung hingga tujuh persen. (*)

Artikel ini sudah dimuat di intisari.grid.id dengan judul : Kabar Bahagia, Mengonsumsi Kopi Setiap Hari Mengurangi Risiko Kanker Hati

Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help