Kalteng Kita

Partainya Tak Disertakan dalam Sosialisasi, Ketua PKPI Protes KPU Kalteng

Dia kecewa dengan sikap KPU Kalimantan Tengah yang tidak mengikutsertakan pengurus partai yang dipimpinnya

Partainya Tak Disertakan dalam Sosialisasi, Ketua PKPI Protes KPU Kalteng
Tribunkalteng.com/Faturahman
Ketua PKPI Kalteng Ergan Tunjung. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Kalimantan Tengah, Ergan Tunjung, Jumat (17/11/2017) mengaku, sangat kecewa.

Dia kecewa dengan sikap KPU Kalimantan Tengah yang tidak mengikutsertakan pengurus partai yang dipimpinnya dalam satu kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng.

Dikatakan, saat KPU Pusat belum mengumumkan hasil verifikasi partai yang boleh ikut dalam Pemilu Legislatif tahun 2019, KPUD Kalteng malah sudah tidak mengikutkan partainya dalam tahapan pelaksanaan Pemilu.

Baca: Jadi Tersangka dan Ditahan, Kepala SMAN 1 Palangkaraya dan Ketua Panitia PSB Jatuh Sakit

Menurut Ergan, pihaknya saat pendaftaran partai secara nasional berkasnya memang dikatakan kurang lengkap, sehingga berkas tidak diterima oleh KPU.

"Saat itu, tahapannya baru pendaftaran saja, berkas tidak diterima," ujarnya.

Tetapi lanjut dia, pihaknya kemudian sesuai prosedur melanjutkan masalah tersebut ke Banwaslu RI, sehingga sempat digelar tiga kali sidang dan akhirnya ada kesimpulan, PKPI diberikan kesempatan melanjutkan tahapan verifikasi parpol tersebut.

Baca: Kepala SMAN 1 Palangkaraya Jadi Tersangka, Gimana Sekolah Lain yang Masih Patok Pungutan?

"Bawaslu RI, memerintahkan KPU untuk menerima kembali berkas PKPI untuk melanjutkan tahapannya, KPU diberi waktu tiga hari untuk melaksanakan, keputusan Bawaslu tesebut, "ujarnya.

Ergan meminta, kedepannya KPU dan lembaga lainnya tidak bisa lagi meninggalkan PKPI untuk mengikuti tahapan verifikasi berkas parpol selanjutnya tersebut.

"Saya juga mengimbau kepada semua pengurus untuk mengikuti proses tahapan verifikasi parpol yang dilakukan oleh KPU, tersebut, " ujarnya.(*)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help