TribunKalteng/

Kalteng Kita

Organisasi Ini Berkomitmen Dukung Pelepasliaran Orangutan Hingga 2018

Pelepasliaran sebanyak 12 orangutan, di wilayah TNBBBR Hutan Katingan akan menampung total 71 orangutan.

Organisasi Ini Berkomitmen Dukung Pelepasliaran Orangutan Hingga 2018
Istimewa
Orangutan ini salah satu yang dilepasliarkan di Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Upaya pelestarian orangutan di Kalimantan Tengah dengan menampung semua orangutan yang sempat diselundupkan, maupun korban kerusakan hutan akibat land clearing perkebunan sawit maupun kebakaran lahan dan hutan terus dilakukan.

Banyak cara dilakukan pemerintah dan lembaga non government organization (NGO) untuk menjaga agar binatang dilindungi tersebut tetap lestari.

Selain melakukan rehabilitasi juga melakukan pencegahan dengan sosialisasi.

Baca: Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pakai Kulit Pisang, Begini Caranya

Lembaga yang melakukannya pun bukan hanya Yayasan BOSF, BKSDA Kalimantan Tengah,dan Balai TNBBBR, tetapi juga ada lembaga lainnya, seperti USAID Lestari yang telah berkomitmen mendukung aktif program pelepasliaran orangutan di TNBBBR sampai 2018.

Ini seperti yang diungkapkan pihak, USAID Lestari Kalimantan Tengah Landscape Coordinator, Rosenda Chandra Kasih.

Pihaknya mendukung upaya pelepasliaran yang dilakukan BOSF sebagai salah satu upaya konservasi orangutan dan langkah untuk mendorong pengelolaan yang lebih baik di kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya di Kalimantan Tengah.

Pelepasliaran sebanyak 12 orangutan, di wilayah TNBBBR Hutan Katingan akan menampung total 71 orangutan.

"Ini akan meningkatkan nilai aspek keanekaragaman hayati di kawasan tersebut, dan mendukung konservasi hutan yang merupakan salah satu bagian penting dalam visi dan misi kami," ujarnya.

Baca: Foto Umi Pipik Rangkul Sunu Editan, Fakta Ini Mengungkapnya

Rosenda mengatakan, pihaknya sangat menghargai kerja sama yang dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan di kawasan tersebut.

"Kami dukung sepenuhnya semua upaya untuk menciptakan populasi orangutan liar baru di taman nasional, demi tujuan melestarikan orangutan, spesies yang status konservasinya dinyatakan ‘sangat terancam punah’ oleh IUCN, "ujarnya.

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help