TribunKalteng/

Kalteng Kita

VIDEO: Bukit Batu, Situs Pertapaan Pahlawan Nasional Tjilik Riwut

Berada di tengah hutan belantara yang jauh dari gunung dan sungai, sehingga tidak mungkin berasal dari letusan gunung berapi atau banjir besar.

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Tumpukan batu-batu besar menjadi salah satu panorama yang menjadi keunikan tersendiri di Bukit Batu Kasongan, Kabupaten Katingan, Kalteng.

Lokasinya berada di tepi Jalan Trans Kalimantan yang jaraknya sekitar 70 kilometer dari Kota Palangkaraya.

Tidak hanya panorama, kawasan yang lebih dikenal sebagai tempat pertapaan Pahlawan Nasional Tjilik Riwut ini juga memiliki legenda.

Betapa tidak, kumpulan batu-batu besar yang berderet membentuk gugusan bukit itu sampai kini masih menjadi misteri.

Baca: Positif Konsumsi Amphetamine, Pria Ini Diamankan dari Tempat Hiburan, Ketua DPRD?

Berada di tengah hutan belantara yang jauh dari gunung dan sungai, sehingga tidak mungkin berasal dari letusan gunung berapi atau banjir besar.

Batu Gaib (Info Itah)
Batu Gaib (Info Itah) ()

Selain itu tidak pernah ada bukti sejarah yang mengatakan bahwa lokasi itu bekas peninggalan suatu kerajaan, namun tumpukan bebatuan besar itu terlihat tersusun rapi seakan sengaja dibangun.

Berbicara tentang Bukit Batu maka yang pertama muncul di benak warga Kalimantan Tengah (Kalteng) adalah Tjilik Riwut. Bagi masyarakat Kalteng sosok Tjilik Riwut sangat identik dengan Bukit Batu.

Baca: VIDEO: Kerak di Pantat Panci Susah Hilang? Simak Eksperimen Berikut

Dikutip dari Info Itah, Tjilik Riwut merupakan Pahlawan Nasional asal Kalimantan tengah, Gubernur Kalimantan Tengah yang pertama. Namanya diabadikan sebagai nama Bandar Udara di Palangkaraya dan sebagai nama jalan terpanjang di Kalteng yang menghubungkan kota Palangkaraya-Sampit sepanjang lebih kurang 229 Km (bahkan mungkin terpanjang di Indonesia).

Terlepas dari segudang prestasi dan jasa Tjilik Riwut dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan republik ini, yang melekat di benak masyarakat Kalteng pada umumnya adalah kesaktiannya.

Tjilik Riwut (Info Itah)
Tjilik Riwut (Info Itah) 

Tjilik Riwut dikabarkan bisa menghilang tanpa jejak ketika dikejar pasukan Belanda, bisa berjalan puluhan kilometer hanya dalam hitungan menit, dan seorang tabib yang bisa menyembuhkan segala penyakit.  (TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami/Info Itah)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help