TribunKalteng/

Jokowi-JK Beda Pendapat Soal Densus Tipikor, Begini Penjelasan Istana

Presiden Joko Widodo belum memberikan lampu hijau dibentuknya lembaga bernama Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) Polri.

Jokowi-JK Beda Pendapat Soal Densus Tipikor, Begini Penjelasan Istana
dokumen
BPost edisi Jumat (20/10/2017). 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Ke­i­nginan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dibentuk lembaga baru antirasuah di Polri selevel Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tampaknya tak bakal berjalan mulus.

Presiden Joko Widodo belum memberikan lampu hijau dibentuknya lembaga bernama Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) Polri.

Sementara Wapres Jusuf Kalla (JK) tegas menyatakan tidak setuju adanya lembaga baru pemberangus korupsi. JK berujar, saat ini cukup memaksimalkan kerja KPK, kepolisian dan kejaksaan dalam pemberantasan korupsi.

Baca: Taki Takazawa, Mantan Gangster Yakuza yang Kini Jadi Imam di Jepang, Begini Kisahnya

“Jadi cukup biar KPK dulu, toh sebenarnya polisi, kejaksaan juga masih bisa menjalankan tugas. Tidak berarti perlu ada tim baru untuk melakukan itu, tim yang ada sekarang juga bisa. Difokuskan dulu KPK dan KPK dibantu sambil bekerja secara baik,” ucap Kalla di kantornya di Jakarta, Selasa (17/10), seperti dikutip Antara.

Presiden Joko Widodo menyatakan belum menentukan sikap terkait usulan Polri membentuk Densus Tipikor. “Rencana itu masih usulan, minggu depan kami bahas dalam rapat terbatas,” kata presiden di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (19/10).

Ditanya pendapat pribadinya mengenai Densus Tipikor, Jokowi enggan berkomentar. Ia kembali mengulang jawabannya, “Akan dibahas dalam ratas.”

Baca: Tak Lagi Langka, Tapi Harga Gas Elpiji 3 Kilogram Masih di Atas HET

Sementara itu, Menkopolhukam Wiranto mengaku akan lebih dulu menggelar rapat koordinasi dengan mengundang Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Jaksa Agung HM Prasetyo dan pihak terkait lainnya. Setelah itu, sebut dia, hasil rapat koordinasi dibawa dalam rapat terbatas di Istana.

Belum satu suaranya Presiden dan Wakil Presiden terkait pembentukan Densus Tipikor Polri dibantah Husain Abdullah, juru bicara Wakil Presiden. Dia menegaskan tidak ada perbedaan antara Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenai pembentukan Densus Tipikor.

“Tidak ada perbedaan antara Presiden dan Wapres, karena belum ada keputusan final tentang pembentukan Densus Tipikor,” ujar Husain dalam pernyataan tertulis yang diterima Tribunnews, Rabu, (18/10).

Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help