TribunKalteng/

Kabar Kapuas

Waspada Dampak El Nino, Ini Imbauan Kepala BPBD Kapuas

Kemudian hasil terakhir dari BMKG disebutkan akan terjadi pancaroba akhir dan pada akhir Oktober sudah memasuki el nino,

Waspada Dampak El Nino, Ini Imbauan Kepala BPBD Kapuas
BMKG
ILUSTRASI 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Pada akhir medio Oktober hingga Desember 2017, diperkirakan terjadi hujan disertai badai dan juga memasuki el nino. Dampaknya bakal terjadi banjir di daerah pasang surut dan sebagian di daerah hulu.

Kepala BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, Minggu (16/10/2017) menjelaskan, seperti yang pernah diterimanya dari BMKG bulan Agustus kemarin bahwa pada medio September terjadi el nino, dan itu terbukti pada awal Oktober Kabupaten Kapuas dan sekitarnya terjadi hujan disertai dengan badai.

Baca: Tak Banyak Diketahui, Ini Fakta Unik Ular Saat Buang Air Besar

Kemudian hasil terakhir dari BMKG disebutkan akan terjadi pancaroba akhir dan pada akhir Oktober sudah memasuki el nino, artinya rawan terjadinya hujan dan badai.

"Sehingga tak menutup kemungkinan akan terjadi banjir. Oleh sebab itu beberapa daerah pasang surut bakal terjadi banjir, seperti Desa Tambak Bajai, Mangkatif serta Desa Murui,"kata Sinaga.

Baca: Film Pengabdi Setan - Ruth Pelupessy si Hantu di Film Pengabdi Setan 1980 Ternyata Mantan Peragawati

Beberapa daerah hulu, kata Sinaga akan terjadi banjir, seperti daerah Timpah. Kemudian hujan juga bakal terjadi sampai akhir bulan Desember. Untuk mengantisipasinya, maka pihak BPBD Kapuas sudah melakukan langkah-langkah, seperti memberikan penyuluhan kepada semua camat dan semua kades untuk waspada.

Penulis: Jumadi
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help