TribunKalteng/

Kalteng Kita

Ini Jadwal Penindakan Tematik Berlalu Lintas, Jangan Main HP Saat Berkendara

Fakta ini pula yang menjadi alasan Ditlantas Polda Kalteng semakin gencar melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas ke sekolah.

Ini Jadwal Penindakan Tematik Berlalu Lintas, Jangan Main HP Saat Berkendara
Istimewa
Anggota Ditlantas Polda Kalteng melakukan sosialisasi Penindakan Hukum Secara Tematik ke sebuah sekolah di Kota Palangkaraya, Senin (9/10/2017). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Tingginya pelanggaran berlalu lintas didominasi oleh kalangan pelajar. Tak heran jika kelompok usia remaja paling menjadi perhatian.

Fakta ini pula yang menjadi alasan Ditlantas Polda Kalteng semakin gencar melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas ke sekolah. Bahkan untuk itu, mereka harus meluangkan waktu dan tenaga menyambangi lembaga pendidikan.

"Dalam hal ini, saya meminta agar seluruh jajaran lebih mengedepankan upaya pencegahan sekaligus penyadaratahun kepada remaja. Ini tentunya lebih efektif ketimbang dilakukan penindakan," kata Direktur Lantas Polda Kalteng Kombes Pol Eko Waluyo, Rabu (11/10/2017).

Sosialisasi yang dilakukan ke sekolah-sekolah, terutama pada tingkat SLTA, anggota Lantas menyampaikan berbagai ketentuan penindakan hukum yang dapat mereka terapkan jika menemukan pelanggaran.

Itu termasuk penindakan hukum secara tematik atau terpadu yang telah ditentukan dalam jadwal.

Dijelaskan, program penindakan terpadu yang selama ini telah dilaksanakan sebelumnya pada Januari–Maret 2017 yang meliputi penertiban pengguna kendaraan roda dua dan roda empat sangat diwajibkan demi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara demi keselamatan.

Untuk pengguna roda dua diwajibkan memakai Helm SNI dan untuk roda empat diwajibkan memakai sabuk pengaman.

Selanjutnya pada April–Juni 2017 dilakukan penertiban angkutan umum yang ngetem disembarang tempat dan pelanggar marka jalan serta alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL).

Pada  Juli–September 2017, sasaran kegiatan difokuskan penertiban pelanggar melawan arus dan balapan liar.

"Sedangkan pada Oktober – Desember 2017, penertiban tematik kepada pelanggar lalu lintas menggunakan HP saat berkendara dan menggangu konsentrasi mengemudi akibat alkohol/obat terlarang karena sangat membahayakan pengguna jalan lainnya," terang Eko Waluyo didampingi Wadir Lantas Polda Kalteng AKBP Sukron HF. (TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help