TribunKalteng/

Berita Regional

Rita Widyasari Jadi Tersangka, Golkar Pikirkan Calon Pengganti untuk Maju Pilgub Kaltim

Menurutnya, setelah Plt Ketua Golkar Kaltim ditetapkan, proses selanjutnya penjaringan calon gubernur yang akan diusung.

Rita Widyasari Jadi Tersangka, Golkar Pikirkan Calon Pengganti untuk Maju Pilgub Kaltim
TRIBUN KALTIM/BUDHI HARTONO
Ketua DPD I Partai Golkar Kaltim, Rita Widyasari 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Golkar belum menentukan bakal calon yang diusung dalam Pilgub Kaltim 2018, pasca calon kuat yang digadang-gadang, yakni Rita Widyasari ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Idrus Marham mengatakan partainya akan terlebih dahulu membahas Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Golkar Kaltim sepeninggal Rita yang tersangkut masalah hukum.

"(Cagub) Masih dalam proses. Yang pertama akan kita lakukan adalah bagaimana mengatur Plt Ketua Golkar di sana (Kaltim)," kata Idrus ditemui di kantor Fraksi Golkar, komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/11/2017).

Menurutnya, setelah Plt Ketua Golkar Kaltim ditetapkan, proses selanjutnya penjaringan calon gubernur yang akan diusung.

Baca juga: Kebakaran Dahsyat di California, 10 Orang Tewas, 1.500 Bangunan Hancur, 20 Ribu Orang Dievakuasi

Idrus memastikan hingga saat ini belum ada nama-nama yang dibahas untuk menjadi kandidat Cagub Kaltim 2018 dari Partai Golkar menggantikan Rita.

"Sekarang kan calon gubernurnya belum ada. Kemarin sudah direkomendasikan untuk Rita, kan tersangka, maka diganti," katanya.

Untuk menindaklanjuti masalah Plt Ketua Golkar kaltim serta cagub dalam Pilgub Kaltim, pengurus Golkar dalam waktu dekat akan menemui Rita Widyasari yang kini menjadi tahanan KPK.

"Nanti ini kita cari waktu yang tepat untuk ketemu Rita kita bicarakan tentang Plt. Semoga bisa dalam minggu ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Golkar Nurdin Halid mengatakan partainya akan mengkaji kembali pencalonan kadernya, Bupati Kukar Rita Widyasari, pada Pilgub Kaltim 2018.

Ia mengatakan, Golkar tentunya akan mengevaluasi bakal calon kepala daerahnya yang tersangkut kasus korupsi.

Terlebih Rita sudah memperoleh Surat Keputusan dari Golkar untuk maju di Pilkada Kalimantan Timur 2018.

Kendati demikian, Nurdin mengaku tak akan gegabah dalam memutuskan hal tersebut sebab kesalahan Rita bukan karena menerima suap, melainkan kebijakan politik yang diduga merugikan negara.

"Pasti kami pertimbangkan. Pasti kami tinjau, pasti kami pertimbangkan untuk ditinjau karena makanya kami lihat proses hukum berikutnya. Siapa tahu dibebaskan dia," kata Nurdin di Senayan, Jakarta, Rabu (27/9/2017) lalu.

Berita ini telah dipublikasikan di Tribunkaltim.co berjudul: Calon Kuat Jadi Tersangka, Golkar Pikirkan Pengganti Rita untuk Maju Pilgub Kaltim

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help