TribunKalteng/
Home »

Video

Kabar Kalsel

VIDEO: Penjual Minuman Blender Ini Pelihara Ratusan Ekor Kucing Telantar

hal ini diawali dari kesenangannya memelihara kucing yang diajarkan oleh orangtuanya.

TRIBUNKALTENG.COM, AMUNTAI - Meski hidup hanya berkecukupan dan tidak bergelimpang materi, namun Welia Iyah (27) warga Desa Padang Darat Kecamatan Amuntai Selatan tetap berbagi rezeki dengan belasan kucing yang saat ini dirawatnya.

Saat ini ada 19 ekor kucing yang dirawat, jumlah ini bisa bertambah karena Welia biasa memungut kucing terlantar yang tidak terurus. Pernah Welia memelihara kucing sebanyak 37 ekor dirumahnya.

Saat ini Welia menamai rumahnya sebagai panti asuhan kucing terlantar, hal ini diawali dari kesenangannya memelihara kucing yang diajarkan oleh orangtuanya.

Sejak 2010 Welia sering menyelamatkan kucing tak tidak terawatt dimanapun dirinya ada bertemu kucing. Jika dikumpulkan sejak tahun 2010 Welia sudah memelihara kucing sekitar 500 ekor.

Baca: VIDEO: Pengemudi Mobil Plat Merah Menolak Ditilang, Ceramahi Polisi, Bawa Nama TNI Pula

“Kadang ada melihat kucing di pasar atau di jalan yang kurus tidak terawat, ada juga yang masih kecil dan ditinggal oleh induknya, saya bawa pulang dan dipelihara,” ujarnya.

Bahkan ada pernah mendapati kucing terlantar dengan penyakit Chlamydia yang membuat mata kucing bengkak dan berair. Welia yang juga aktif di group pecinta kucing di media sosial sering menanyakan penyakit kucing, hingga ada rekan di group yang mengirimkan obat untuk penyakit yang diderita kucingnya. Beruntung setelah diobati kucingnya dapat sembuh dari berbagai penyakit.

“Tidak punya biaya jika membawa ke dokter hewan, sangat terbantu dengan adanya group pecinta kucing di media sosial banyak belajar cara memelihara kucing yang benar,” ujarnya.

Welia yang bekerja sebagai penjual minuman blender ini mengaku dalam sehari biasanya mendapat penghasilan sekitar Rp 20 hingga 50 ribu. Namun dirinya percaya bahwa rezekinya tidak akan berkurang dengan memberi makan dan merawat kucing.

Welia biasanya member makan kucingnya dengan nasi dan ikan Puyau yang merupakan ikan sungai dengan harga Rp 10 ribu perkilo.

Halaman
123
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help