Kajian Islam

Subhanallah! Patut Ditiru, Rezeki Pedagang ini Tak Putus Sejak Lakukan ini Setiap Pagi

Meski sedikit, untuk menambah keberkahan rezekinya, kata Pa Adi, ia sering mengamalkan apa yang menjadi pesan sang almarumah ibundanya

Subhanallah! Patut Ditiru, Rezeki Pedagang ini Tak Putus Sejak Lakukan ini Setiap Pagi
Ilustrasi

TRIBUNKALTENG.COM - Ada pendapat ulama, mengatakan, jika salah satu pintu rezeki tertutup maka akan terbuka pintu rezeki yang lain.

Bagaimanakah sebenarnya jatah rezeki setiap orang? Simak penjelasan Pimpinan Pesantren Darush Sholihin Yogyakarta, Muh Abduh Tuasikal, berikut ini.

Ibnu Mas’ud, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ رُوْحَ القُدُسِ نَفَثَ فِي رَوْعِي إِنَّ نَفْسًا لاَ تَمُوْتَ حَتَّى تَسْتَكْمِلَ رِزْقُهَا ، فَاتَّقُوْا اللهَ وَأَجْمِلُوْا فِي الطَّلَبِ ، وَلاَ يَحْمِلَنَّكُمْ اِسْتَبْطَاءَ الرِّزْقُ أَنْ تَطْلُبُوْهُ بِمَعَاصِي اللهَ ؛ فَإِنَّ اللهَ لاَ يُدْرِكُ مَا عِنْدَهُ إِلاَّ بِطَاعَتِهِ

”Sesungguhnya ruh qudus (Jibril), telah membisikkan ke dalam batinku bahwa setiap jiwa tidak akan mati sampai sempurna ajalnya dan dia habiskan semua jatah rezekinya. Karena itu, bertakwalah kepada Allah dan perbaguslah cara dalam mengais rezeki. Jangan sampai tertundanya rezeki mendorong kalian untuk mencarinya dengan cara bermaksiat kepada Allah. Karena rezeki di sisi Allah tidak akan diperoleh kecuali dengan taat kepada-Nya.” (HR. Musnad Ibnu Abi Syaibah 8: 129 dan Thabrani dalam Al Mu’jam Al Kabir 8: 166, hadits shahih.

Hadis di atas ini sebagai penjelas bahwa yang dimaksud memperbagus dalam mencari rezeki adalah bekerja dengan mencari yang halal.

Bicara soal rezeki ada kisah inspiratif dari seorang pedagang nasi goreng.

Rezekinya tak putus setelah melakukan hal ini setiap pagi.

Berikut kisahnya

Sebuah kisah hikmah terjadi pada seorang pengusaha asal Jawa Timur.

Halaman
1234
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help