TribunKalteng/
Home »

Seleb

» Gosipi

Selebrita

Luna Maya Diprotes Foto Bareng Orangutan, Begini Kata CEO BOSF

Orangutan adalah kera besar satu-satunya di Asia yang selain kerabat dekat manusia, sebagai primata, punya jasa lingkungan

Luna Maya Diprotes Foto Bareng Orangutan, Begini Kata CEO BOSF
Instagram
Foto Artis Luna Maya bersama Seekor Orangutan, untuk cover majalah. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Adanya sebuah majalah yang memoto artis Luna Maya didampingi seekor Orangutan yang diambil dari salah satu kebun binatang, terus mendapat kecaman yayasan yang menguruhi orangutan di Kalteng.

Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation ( BOSF) Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang memprotes keras penggunaan hewan dilindungi tersebut untuk dijadikan sebagai objek foto sebuah majalah.

Luna Maya
Luna Maya (instagram)

Kekayaan alam Indonesia dalam wujud keanekaragaman hayati adalah salah satu yang terkaya di dunia. Namun karena keserakahan kita sebagai manusia, banyak jenis satwa yang kita miliki kini dalam kondisi terancam punah.

Termasuk orangutan. Orangutan adalah kera besar satu-satunya di Asia yang selain kerabat dekat manusia, sebagai primata, punya jasa lingkungan terhadap hutan sebagai habitatnya.

Baca: VIDEO: Bukan Takut, Bocah Ini Malah Kejar Penampakan Kuntilanak

Mereka bersama banyak satwa lain, menyebarkan benih, menjaga kualitas hutan, dan pada akhirnya kita manusia yang menikmati hasil dari hutan yang terjaga baik berupa oksigen, tata air yang baik, dan hasil hutan lainnya.

Pemerintah telah berupaya melindungi satwa-satwa ini dengan menerbitkan UU no 5 tahun ’90 yang melarang siapapun untuk menangkap, memburu, memelihara, atau membunuh satwa tertentu, termasuk orangutan.

Kebun binatang adalah lembaga konservasi ex-situ yang tujuannya memberikan edukasi kepada publik. Mereka diijinkan memelihara orangutan dan satwa dilindungi untuk kepentingan edukasi kehidupan di alam liar, manfaat dan jasa mereka terhadap lingkungan, mengenai kekayaan alam dan betapa hebatnya ciptaan Tuhan.

Jadi orangutan di kebun binatang seharusnya menjadi duta bagi spesiesnya yang terancam punah. Seluruh pemanfaatan dokumentasi dalam bentuk foto, video, dan pertunjukan, selayaknya bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang lebih komprehensif kepada publik.

Baca: Anaknya Dimarahi Gegara Tak Bersepatu ke Sekolah, Orangtua Siswa Aniaya Guru Hingga Berdarah

"Jadi melihat foto seorang selebriti tanah air, Mbak Luna Maya, yang difoto oleh Sdr. Bimo Permadi bersama satu individu orangutan yang menurut informasi berasal dari Bali Zoo untuk majalah Her World Brides, adalah hal yang sangat salah bagi kami di BOS Foundation," ujar Jamartin Sihite, CEO Yayasan BOSF, Rabu (4/10/2017).

Pun pemanfaatan orangutan sebagai atraksi untuk mencari keuntungan. Publik melihat seorang tokoh dan lembaga konservasi memperlakukan satwa dilindungi seperti layaknya hewan peliharaan dan komoditas, pesan seperti apa yang hendak disampaikan kepada publik sebenarnya?

"Saya mengajak semua pihak untuk kembali mendudukkan peran dan fungsi satwa di kebun binatang sebagaimana mestinya, dan membantu mengedukasi masyarakat luas mengenai pentingnya konservasi lingkungan secara umum dan konservasi orangutan secara khusus.” ujar CEO BOSF, Dr. Ir. Jamartin Sihite, MSc. (*)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help