TribunKalteng/
Home »

Video

NEWSVIDEO: Terlepas Saat Akan Dimasukkan Kandang, Beruang Madu Mengamuk Hingga Ke Jalan Raya

Suasana tegang dan heboh terpantau di Seksi Konservasi Wilayah II Banjarbaru, BKSDA Kalsel di Banjarbaru

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARBARU - Suasana tegang dan heboh terpantau di Seksi Konservasi Wilayah II Banjarbaru, BKSDA Kalsel di Banjarbaru, Jalan Pangeran Hidayatullah Banjarbaru. Petugas sampai berlari-lari mengepung beruang liar yang lepas saat akan di evakuasi, Selasa (3/10/2017).

Beruang berusia 3,5 tahun itu begitu beringas dan berlari kencang tanpa arah, berusaha terus meloloskan diri dari sergapan petugas. Bahkan sempat lari ke jalanan, jadi tontonan masyarakat sekitar yang cukup ramai mengabadikannya dengan kamera ponsel.

Sesekali beruang madu itu juga memberikan ancaman kepada warga dengan mengerang dan mengeluarkan cakarnya.

Baca juga: Ini Dalang Tragedi Las Vegas, Siapakah Stephen Paddock?

Sebagian petugas BKSDA khususnya perempuan berlari menyelematkan diri, cari lokasi aman. Sebagian tim melakukan upaya penangkapan dengan cara jangan sampai melukai beruang itu. Digunakan jaring raksasa dengan ukuran sekitar 30 meter.

"Kita harus tetap tenang dan percaya diri, akhirnya bisa diatasi. Ini hal biasa, kita harus kompak evakuasi beruang, " ucap Penganalisis Data Perlindungan, Pelayanan dan Pemanfaatan SDAH & E pada Seksi Konservasi Wilayah II Bajarbaru, BKSDA Kalsel R. Simbolon kepada BPost online.

Wartawan BPost online yang kebetulan meliput sejak awal di lokasi juga sempat merasakan bagaimana rasanya dikejar beruang liar yang lepas dari kandang itu. Harus lari berputar kantor untuk menyelamatkan diri,

Baca juga: Tak Perlu Menghindari Karbohidrat, Cukup Pilih Mana yang Lebih Sehat

"Tenang , harus tenang larinya jangan lurus, berusaha zig-zag," teriak Simbolon memberi arahan kepada BPost online. Untung saja petugas dengan begitu sigap cepat evakuasi beruang.

Kehebohan itu bermula, saat beruang itu baru tiba dari Desa Matraman setelah dievakuasi hasil tangkapan warga setempat, begitu lalui proses pindah kandang beruang meloloskan diri.

Tidak ada korban jiwa pada kejadian ini, kondisi aman terkendali setelah sekitar satu jam kejar-kejaran mengepung beruang yang lepas.

Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan melalui Kepala SKW II Banjarbaru M Ridwan Effendi membenarkan jika beruang itu baru saja dievakuasi dari Desa Mataraman, Kabupaten Banjar.

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help