TribunKalteng/
Home »

Video

Kalteng Kita

NEWSVIDEO: Pisang Raja Berukuran Jumbo, Beratnya 1,5 Kg

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan berdaun besar memanjang dari suku Musaceae.

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, Musa Balbisiana, dan Musa Paradisiaca), menghasilkan buah konsumsi yang dimakan. Tanaman ini banyak tumbuh di seluruh Indonesia, termasuk di Asia Tenggara.

Sebuah pohon pisang yang berada di belakang rumah Nurdin Okta (53), kawasan Jalan Setiadji RT24, nomor 131, Kecamatan Selat Kota Kualakapuas Kalteng membuat kaget pemiliknya. Sebab buah pisang tersebut berukuran cukup besar dan berbeda dengan buah pisang sejenisnya. Pemiliknya baru sadar buah pisang yang ditanamnya berukuran cukup besar pada Sabtu (30/9/2017) pagi.

Nurdin Okta yang dihubungi via telepon selulernya, Minggu (1/10/2017) mengatakan, pisang yang ditanam di belakang rumah, bermula berasal dari bibit pisang raja yang dibeli di pasar. Kemudian pada saat ditanam lebih dari empat bulan, pohonnya sudah besar. Dalam hitungan hari dan minggu, terlihat tongkol dan menyusul buah.

Baca juga: Tak Perlu Menghindari Karbohidrat, Cukup Pilih Mana yang Lebih Sehat

Dia mengira buah pisang yang ditanamnya berukuran seperti biasa, layaknya buah pisang yang lain. Tetapi setelah pisang itu berbuah dengan warna hijau berukuran besar, membuat penasaran Nurdin.

"Kita terkejut pada saat melihat buah pisang itu ukurannya besar-besar. Jumlah buahnya hanya 15 pisang, namun ukurannya besar-besar,"terang Nurdin.

Dia mengakui belum pernah melihat buah pisang sebesar itu. Ukurannya seperti ukuran lengan orang dewasa."Kita tidak pernah melihat pisang sebesar ini,"katanya.

Baca juga: Seorang Kakek Temukan Ide yang Menyelamatkan Banyak Nyawa dari Cucunya yang Butuh Donor Ginjal

Merasa penasaran, dan setelah diukur panjangnya mencapai 42 cm dengan berat sekitar 1,5 kg. Kemudian pisang itu dipetik dan kondisi pisang masih mentah.

Mendengar ada buah pisang berukuran besar, maka beberapa orang tetangganyapun datang untuk melihat pisang raksasa itu. Sampai sekarang pisang itu masih disimpan dengan rapi, sambil menunggu masak.

Penulis: Jumadi
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help