TribunKalteng/

Kalteng Kita

Satu Lagi Napi Teroris Dititip ke Lapas Kalteng, Ini Tindakan Petugas

Dikatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan tersendiri kepada Budiono dengan mengisolasinya terlebih dahulu.

Satu Lagi Napi Teroris Dititip ke Lapas Kalteng, Ini Tindakan Petugas
Kemenkumhamkalteng/pirhan
Sejumlah anggota TNI dari Kodim Pangkalanbun bersenata tengah melakukan tugas penjagaan di Lapas Pangkalanbun. 

TRIBUNKALTENG.COM, PANGKALANBUN - Pengamanan ekstra kini dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Pangkalanbun. Itu setelah Kamis (14/9/2017), lembaga ini menerima kiriman satu napi teroris.

Dia adalah Budiono alias Babeh. Terdakwa kasus bom Sarinah yang dijatuhi vonis lima tahun penjara ini dibawa langsung dari Mako Brimob oleh Satgas Densus 88 dan didampingi oleh staf dari Ditjen Pemasyarakatan.

"Saat ini Lapas Pangkalan Bun dalam keadaan aman dan kondusif. Para WBP juga tidak tahu ada pengiriman napi teroris yang dititipkan kepada kami," ujar Kepala Lapas Arief Gunawan seperti dikutip dari laman Kemenkumham Kalteng, Jumat (15/9/2017).

Dikatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan tersendiri kepada Budiono dengan mengisolasinya terlebih dahulu. Selama tahap isolasi itu pula, dilakukan pendekatan terhadap yang bersangkutan secara psikologis dan keagamaan sehingga nantinya tidak akan berdampak negatif kepada WBP lainnya.

Arief juga mengatakan  bahwa atas kedatangan napi yang terlibat kasus teroris tersebut pihaknya langsung melakukan koordinasi kepada pihak kepolisian dan TNI setempat.

"Alhamdulillah respon positif langsung ditunjukan pihak Kodim, dengan menurunkan langsung petugasnya ke Lapas Pangkalanbun dalam hal membantu pengamanan apabila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Pihak kodim juga mengatakan bahwa nanti setiap harinya mereka akan melakukan kontrol keamanan berupa patrolli sambang ke Lapas Pangkalanbun sehingga keadaan aman yang kondusif yang terjadi seperti sekarang ini akan terus terjaga dengan baik," timpal dia.

Selain Budiono di Lapas Pangkalanbun, pada 2016 Lapas Palangkaraya juga menerima satu titipan napi teroris lainnya yang sebelumnya terlibat dalam kasus di Poso.

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help