TribunKalteng/

Info Sehat

Asam Lambung Naik? Begini Cara Mudah untuk Menurunkannya

Masalah asam lambung dapat menyebabkan dua kondisi, yaitu penyakit maag dan tukak lambung. Tukak lambung lebih berbahaya karena menyebabkan luka di la

Asam Lambung Naik? Begini Cara Mudah untuk Menurunkannya
tribunkalteng.com/Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM - Asam lambung tidak bisa bekerja dengan baik di kerongkongan karena adanya katup antara kerongkongan dan perut.

Kondisi ini disebut GERD (gastroesophageal reflux disease). Gejala GERD meliputi nyeri dada atau sakit maag, sulit menelan, dan asam mulut / pahit karena asam meningkat di kerongkongan, dan perut terasa tidak nyaman.

Masalah asam lambung dapat menyebabkan dua kondisi, yaitu penyakit maag dan tukak lambung. Tukak lambung lebih berbahaya karena menyebabkan luka di lambung.

Kondisi ini juga dipicu oleh adanya asam lambung yang sangat tinggi. Jika asam lambung meningkat maka bagian asam bisa mencapai kerongkongan dan ini bisa memperburuk kesehatan.

Penyebab asam lambung bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti kebiasaan makan tidak teratur, diet yang buruk, kadar asam alami yang sangat tinggi, riwayat keluarga dan beberapa penyakit termasuk imunitas.

Tapi apapun penyebabnya, maka Anda bisa mencoba mengurangi asam lambung tanpa obat-obatan. Seperti beberapa kemungkinan cara di bawah ini sebagai berikut :

1. Hindari gorengan

Apakah Anda memiliki kebiasaan makan makanan gorengan? Bagi orang yang menderita asam lambung, sebaiknya tidak mengkonsumsi gorengan.

Semua makanan ini mengandung lemak tinggi, yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Lemak juga bisa mengandung bagian pencernaan banyak minyak sehingga asam lambung akan naik dengan cepat. Jadi hindari semua makanan ini agar asam lambung bisa turun.

2. Konsumsilah sayuran terbaik untuk asam lambung

Halaman
123
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help