Dahsyatnya Nuklir Korea Utara, Uji Cobanya Saja Timbulkan Gempa 6,1 SR

Badan Keamanan Nasional Jepang langsung berkumpul siang ini di Kantor PM Jepang setelah mendengar info adanya uji coba nuklir ke-6 oleh Korut kali ini

Dahsyatnya Nuklir Korea Utara, Uji Cobanya Saja Timbulkan Gempa 6,1 SR
NHK
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe jumpa pers di Kantor PM Jepang, Minggu (3/9/2017) terkait peluncuran rudal Korea Utara. 

TRIBUNKALTENG.COM, TOKYO - Korea Utara (Korut) melakukan uji nuklir sekitar pukul 12.29 waktu Jepang (10.29 WIB) dengan dampak gempa bumi menghasilkan kekuatan getaran sekitar 6,1 SR.

"Baru saja uji nuklir Korut dilakukan, ini jelas bukan gempa alam tapi karena uji nuklir. Kita akan lakukan pengumpulan info bersama negara lain seperti AS, Korsel, China dan Rusia. Dari situ akan melakukan tindakan selanjutnya," ungkap Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dalam jumpa pers mendadak di Kantor PM Jepang, Minggu (3/9/2017).

Badan Keamanan Nasional Jepang langsung berkumpul siang ini di Kantor PM Jepang setelah mendengar info adanya uji coba nuklir ke-6 oleh Korut kali ini.

Getaran buatan akibat uji nuklir Korut diamati di daerah Kirju di Utara Hamgyong (Hamgyeong) Timur Laut Korea Utara.

"Uji coba nuklir ini sebagai bagian dari protes Korut terhadap latihan bersama AS-Korea Selatan yang dilakukan sampai dengan 31 Agustus lalu," ungkap seorang pengamat Korut.

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help