TribunKalteng/

Kabar Kalimantan

Wanita Ini Ditangkap karena Penipuan Emas, Modusnya Bikin Perempuan Ngeri

Bedasarkan keterangan, kata dia tersangka yang bernama Ayum Dara (52) sudah melakukan tindak kejahatannya di empat toko emas yang berbeda.

Wanita Ini Ditangkap karena Penipuan Emas, Modusnya Bikin Perempuan Ngeri
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Purwanto saat memberikan keterangan tindak pidana penipuan dengan tersangka Ayum Dara (52) di Mapolresta Pontianak Kota. 

TRIBUNKALTENG.COM, PONTIANAK - Reskrim Polresta Pontianak Kota berhasil mengamankan salah seorang pria pelaku penipun disejumlah toko emas di Kota Pontianak, Kamis (31/08/2017).

Penangkapan pria tersebut berawal dari laporan salah seorang ibu rumah tangga inisial NS (35) yang juga pemilik toko emas Desa Kapur Kecamatan Sei Raya Kabupaten Kubu Raya kepada pihak Mapolresta Pontianak Kota.

Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Purwanto menuturkan sementara pihaknya sudah menangkap satu orang tersangka penipuan dengan barang bukti emas.

Bedasarkan keterangan, kata dia tersangka yang bernama Ayum Dara (52) sudah melakukan tindak kejahatannya di empat toko emas yang berbeda.

"Barang bukti sementara masih diamankan petugas dan dilakukan penyelidikan, yang bersangkutan menurut keterangannya berasal dari Padang dan ke Pontianak sudah berulang kali, namun baru kali ini baru melakukan," tuturnya.

Diterangkannya, adapun modus yang dilakukan oleh tersangka adalah seolah-olah menjual emas, kemudian menunjukan emas yang asli dan dilakukan pengecekan oleh korban.

Setelah diberikan kembali oleh korban dan tawar-menawar harga, tersangka pura-pura menolak dengan alasan tidak sesuai, namun tidak lama kembali ke toko emas tersebut untuk kembali menjual, namun emas yang diberikan telah ditukar dengan yang emas palsu.

"Untuk kerugian satu tokonya sekitar Rp. 20 juta, Pasal yang dikenakan 378 KUHP," tuturnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kota, Kompol Husni Ramli mengatakan, pelaku berhasil diamankan sekitar pukul 21.15 WIB, malam hari.

Ia mengatakan, untuk meringkus ataupun menangkan pelaku tersebut, personil Jatanras Polresta Pontianak Kota melakukan serangkaian penyelidikan dari Hasil Rekaman CCTV di TKP dengan nomor polisi KB 1505 WA kendaraan Roda Empat jenis Toyota avanza warna Putih yang digunakan serta mengambil Foto pelaku yg terekam juga oleh Kamera CCTV di TKP.

Selanjutnya personil mendapati data lengkap dan Identitas pelaku tersebut, kemudian personil juga mendapati informasi tentang keberadaan pelaku di daerah Kampung Jabon Rawa Desa Girijaya Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Personil Jatanras pun melakukan kordinasi dengan Kanit Reskrim Polsek Cidahu Kabupaten Sukabumi Jawa Barat guna memastikan lagi posisi keberadaan pelaku tersebut.

Kemudian Kasat Reskrim memerintahkan Kanit dan Pers untuk berangkat menuju ke Kabupaten Sukabumi Jawa Barat guna melakukan Penangkapan terhadap pelaku.

"Pelaku berhasil di amankan oleh Pers Jatanras Polresta Pontianak Kota di Kampung Jabon Raya Desa Girijaya Kabupaten Sukabumi Jawa Barat dan langsung dibawa ke Polresta Pontianak Kota," tukasnya.  (Tribun Pontianak/Ridho Panji Pradana)

Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help