Bisnis dan Ekonomi

Saatnya Beralih ke Investasi Emas, Konflik Korea Bikin Harga Emas Melambung

Bahkan ada kemungkinan emas juga bisa menguat menuju level tertinggi tahun 2016 silam di harga US$ 1.375 per ons troi.

Saatnya Beralih ke Investasi Emas, Konflik Korea Bikin Harga Emas Melambung
ISTIMEWA
Emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Memanasnya kondisi geopolitik di Semenanjung Korea membuat harga emas terbang. Per pukul 18.00 WIB, Selasa (29/8/2017), harga emaskontrak pengiriman Desember 2017 di Commodity Exchange menguat 0,94% menjadi US$ 1.327,70 per ons troi. Dalam sepekan, harganya melambung 2,84%.

Sebelum Korea Utara menembakkan rudalnya melewati kawasan Jepang, memang tren emas sudah bullish.

Wahyu Tribowo Laksono, Analis Central Capital Futures, menyebut, harga emas menguat setelah Gubernur The Fed Janet Yelen tidak memberikan kepastian terkait rencana kenaikan suku bunga pada pertemuan Jackson Hole.

Isu geopolitik di Semenanjung Korea terkait ancaman perang nuklir kali ini semakin mendukung peran emas sebagai safe haven, ujar dia, kemarin.

Bahkan ada kemungkinan emas juga bisa menguat menuju level tertinggi tahun 2016 silam di harga US$ 1.375 per ons troi. Mungkin bisa terjadi koreksi sesaat dan melakukan konsolidasi, tetapi setelahnya akan menuju fase bullish lagi, terang Wahyu.

Analis Asia Tradepoint Futures Deddy Yusuf Siregar menambahkan, namun jika Presiden Amerika Serikat Donald Trump sukses melanjutkan program reformasi pajak, ada peluang harga emas terkikis. Pekan ini Trump mulai kampanye reformasi pajak, jika sesuai ekspektasi pasar ada peluang dollar AS menguat dan emas melemah," kata dia.

Namun dollar AS tidak akan menguat banyak karena tertahan sentimen penurunan probabilitas kenaikan suku bunga The Fed yang kini sudah di bawah 50%.

Karena itu, Deddy merekomendasikan investor masuk ke emas saat ini. Walaupun harganya kini cukup tinggi, tetapi emas masih berpeluang melanjutkan penguatan. Berbeda, Wahyu justru merekomendasikan memburu emas saat harganya terkoreksi.

Emas Antam naik

Sentimen peluncuran rudal Korea Utara masih akan mempengaruhi harga emasbeberapa saat ke depan.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved