Kalteng Kita

Inilah Daerah yang Paling Lama Cetak KTP Elektronik di Kalteng!

beberapa persoalan mendasar yang terjadi dalam proses pencetakan KTP El di Kalteng antara lain kualitas mesin yang sudah aus sampai pada jaringan

Inilah Daerah yang Paling Lama Cetak KTP Elektronik di Kalteng!
Harian Warta Kota/henry lopulalan
Ilustrasi KTP Elektronik 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYAKota Palangkaraya berada di peringkat teratas daerah di Kalteng yang paling lama mencetak KTP elektronik.

Betapa tidak, untuk bisa mendapatkan kartu tanda pengenal itu, warga Kota Cantik harus menunggu paling tidak enam bulan setelah melakukan perekaman.

"Kami tidak tahu duduk persoalannya. Tapi dari data yang ada, lama rata-rata rekam sampai cetak KTP-El di Kota Palangkaraya enam bulan pada saat normal dan sampai 1 tahun jika tidak normal," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kalteng Brigong Tom Moenandaz kepada Tribunkalteng.com.

Waktu yang terlampau lama ini jauh lebih buruk dibanding daerah lain yang notabene berada jauh dari pusat pemerintahan.

Seperti Kabupaten Murungraya, data dari Disdukcapil Kalteng menyebut prosesnya hanya sekitar 3 sampai 5 menit atau 1 sampai 3 hari dalam kondisi tidak normal.

Menurut Brigong, beberapa persoalan mendasar yang terjadi dalam proses pencetakan KTP El di Kalteng antara lain kualitas mesin yang sudah aus sampai pada jaringan koneksi internet yang di suatu daerah.

"Dengan keterbatasan mesin, pencetakan yang seharusnya bisa dilakukan lebih dari 100 KTP el tidak bisa dilakukan secara optimal. Malah ada yang hanya bisa mencetak hanya 4 KTP sehari. Belum lagi akses internet ke server data Kemendagri yang cukup padat, sehingga kualitas sinyal internet juga sangat berpengaruh," timpal Brigong.

Data yang masuk pada Disdukcapil Kalteng hingga Agustus 2017, secara umum ada 1.412.918 warga yang telah melakukan perekaman KTP El sampai Juni 2017.

Dari jumlah tersebut, 1.069.122 KTP El telah tercetak. Sedangkan jumlah warga wajib KTP diperhitungkan sebanyak 1.831.989. (TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved