Info Haji

Jemaah Makin Banyak, Kiswah Kain Penutup Kabah Dinaikkan Lebih Tinggi

berdasarkan keterangan pengurus Besar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Abdurrahman as-Sudais hal itu sudah dilakukan sejak Selasa, 15 Agustus 2017.

Jemaah Makin Banyak, Kiswah Kain Penutup Kabah Dinaikkan Lebih Tinggi
Kemenag.go.id
Kiswah Kabah dinaikkan. 

TRIBUNKALTENG.COM - Kiswah, kain yang menutup Kabah, dalam beberapa hari terakhir dinaikkan lebih tinggi.

Dinaikkannya Kiswah bersamaan makin bertambahnya jumlah jemaah haji dari seluruh penjuru dunia yang sudah berada di Makkah.

Dikutip dari Surat Kabar berbahasa Melayu Al Sharq yang dilansir situs Kemenag RI, Direktur Umum Lembaga Pembuatan Kiswah Kabah Muhammad Bajudah menjelaskan bahwa berdasarkan keterangan pengurus Besar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Abdurrahman as-Sudais hal itu sudah dilakukan sejak Selasa, 15 Agustus 2017.

Menurutnya, pengangkatan bagian bawah dilakukan dalam rangka penghormatan dan menjaga kebersihan Kiswah Kabah. Selain itu, pengangkatan juga dilakukan untuk menghindari tindakan yang tidak diharapkan dari jemaah haji.

“Banyak jemah haji yang berupaya menyentuh Kiswah Kabah. Bahkan ada sebagian jemaah haji yang berusaha memotong Kiswah Kabah dalam rangka bertabarruk (mencari keberkahan),” jelas Dr. Muhammad, Senin (19/08).

Bagian Kiswah Kabah yang diangkat lalu ditutupi dengan kain putih sepanjang 47 meter. Menurut DR. Muhammad posisinya akan dikembalikan sebagaimana semula setelah usai musim haji nanti.

Jemaah haji sudah memadati Kota Makkah Al Mukarromah. Areal thawaf juga padat oleh jemaah haji yang beribadah, baik umrah maupun thawaf Sunnah. Tercatat setidaknya sudah ada 166.969 jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam 418 kloter yang sudah berada di Tanah Suci.

Dikutip dari Wikipedia, Kiswah adalah kain yang menutupi Kakbah di Makkah.

Kain ini biasanya diganti setiap tahun pada tanggal 9 Dzulhijjah, hari ketika jamaah haji berjalan ke Bukit Arafah pada musim Haji.

Nama kiswah dalam bahasa Arab berarti 'selubung' (kain yang dikenakan pada peti).

Halaman
12
Penulis: Ernawati
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help