TribunKalteng/

Kabar Kalsel

Tim Saber Pungli Beraksi, Rp 4,4 Juta Ditemukan di Ruang Lurah Pelambuan Banjarmasin

Lurah Pelambuan, R, dikabarkan ditangkap tim Saber Pungli Polresta Banjarmasin lantaran diduga melakukan pungli pada Selasa (8/8).

Tim Saber Pungli Beraksi, Rp 4,4 Juta Ditemukan di Ruang Lurah Pelambuan Banjarmasin
BANJARMASINPOST.CO.ID
BPost edisi Kamis (10/8/2017) 

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Suasana agak berbeda terlihat di Kelurahan Pelambuan Jalan Ir PHM Noor Banjarmasin Barat, Rabu (9/8) siang. Kantor agak lengang, meskipun aktivitas pembagian beras sejahtera (rastra) berlangsung. Tampak sejumlah warga mengambil jatah rastra.

Sebelumnya, kantor kelurahan ini jadi bahan perbincangan hangat karena jadi sasaran operasi tangkap tangan (OTT) Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polresta Banjarmasin.

Lurah Pelambuan, R, dikabarkan ditangkap tim Saber Pungli Polresta Banjarmasin lantaran diduga melakukan pungli pada Selasa (8/8).

Sebenarnya informasi ditangkapnya Lurah Pelambuan sudah beredar secara sporadis dari mulut ke mulut pada Selasa malam.

Sampai Rabu pagi, belum ada pihak kepolisian yang bersedia menjelaskannya. Demikian pula dari kelurahan. Tak satu pun pegawainya yang mau berkomentar soal kabar tersebut.

“Langsung dengan camat saja pak. Kami tidak punya kewenangan soal itu,” ucap satu petugas di Kelurahan Pelambuan yang namanya enggan dikorankan.

Setali tiga uang, Karlina, Camat Banjarmasin Barat, yang dikonfirmasi, enggan memberikan tanggapan.

“Maaf saya tidak berwenang memberikan keterangan karena saya juga tidak tahu kronologinya dan hal ini sudah ditangani kepolisian,” kelit Karlina.

Informasi justru didapat dari Hamli Kursani, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, yang membenarkan kejadian tersebut. “Semalam dapat informasi (OTT). Setelah kami konfirmasi ke Polresta, ternyata benar. Ada dugaan kasus pungli pengurusan sporadik atau segel tanah,” ujar kata Hamli, Rabu siang.

Pihaknya menyerahkan pengusutan kasus sepenuhnya kepada kepolisian. “Karena ini ranah pidana, kami (Pemko Banjarmasin) tidak bisa ikut campur,” kata dia.

Hamli berujar, sampai saat ini dia belum bertemu dengan Lurah Pelambuan. “Belum, kami belum tahu persis duduk persoalannya dimana. Tapi informasi yang saya dapat, ada barang bukti uang Rp 4,4 juta. Persisnya kami belum tahu,” kata dia.

Saat penangkapan, Hamli yang juga bagian dari Tim Saber Pungli Kota Banjarmasin mengaku tidak diberitahu. “Awalnya memang dilaporkan oleh Camat Banjarmasin Barat. Baru kami konfirmasi ke Polresta Banjarmasin, dan ternyata benar. Tapi bukan itu perkaranya, yang jadi masalah ini kok masih saja melakukan pungli. Kami sudah peringatkan berkali-kali jangan dilakukan,” kata dia.

Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help