TribunKalteng/

Kabar Dunia

2 Pesawat Boeing Tabrakan di Landasan Pacu Bandara

Saat itu, pesawat tersebut hampir mendarat di jalur pendaratan di mana beberapa pesawat masih berbaris untuk lepas landas.

2 Pesawat Boeing Tabrakan di Landasan Pacu Bandara
AFP PHOTO
Air Canada 

TRIBUNKALTENG.COM - Dua buah jet penumpang bertabrakan di lantas pacu Bandara Toronto, Kanada, hingga mengakibatkan kerusakan serius pada kedua pesawat.

Informasi ini diungkapkan Peter Fitzpatrick, Jurubicara Air Canada, yang dikutip kantor berita AFP, Senin (7/8/2017). 

Pesawat yang bertabrakan pada bagian sayap itu adalah Pesawat Air Canada, Boeing 767-300, yang membawa 286 penumpang dari Punta Cana, Republik Dominika.

Satu pesawat lainnya adalah, pesawat Polandia, yang dioperasikan maskapai penerbangan LOT.

Disebutkan, kedua pesawat itu berada di landas pacu di Bandara Internasional Pearson Toronto, Sabtu malam waktu setempat.

"Pesawat Air Canada sedang bergerak mendekati gerbang pendaratan terdekat," kata Peter Fitzpatrick dalam penjelasan melalui surat elektornik. 

Hinga kini, otoritas terkait dikabarkan masih melakukan penyelidikan terhadap insiden yang tidak mengakibatkan korban jiwa tersebut. 

Jurubicara Dewan Keselamatan Transportasi Kanada, Chris Krepski, mengatakan, berdasarkan informasi awal, pesawat Air Canada diindikasikan telah menabrak pesawat LOT, saat pesawat Polandia itu bersiap untuk lepas landas.

Seperti dilansir CBC, pesawat Polandia tersebut adalah Boeing 787 yang hendak terbang ke Warsawa.

Sebelum insiden ini, Airbus A320 milik Air Canada juga nyaris terlibat dalam insiden yang berpotensi menjadi bencana di Bandara Internasional San Francisco, California.

Saat itu, pesawat tersebut hampir mendarat di jalur pendaratan di mana beberapa pesawat masih berbaris untuk lepas landas.

Beruntung, pengawas penerbangan mengindentifikasi konbndisi itu dan segara mengalihkan pendaratan ke jalur lain.  (*)

Tulisan ini tayang di Kompas.com dengan judul:  2 Pesawat Boeing Tabrakan di Landas Pacu Bandara Toronto

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help