TribunKalteng/

Kabar Kalsel

KM Sahabat Tenggelam di Tabunio karena Dihantam Ombak Lalu Bocor

Kapal Motor (KM) Sahabat Muslimin dari Banjarmasin menuju Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) tenggelam di perairan Tabunio

KM Sahabat Tenggelam di Tabunio karena Dihantam Ombak Lalu Bocor
(IST)
Ilustrasi - Kapal nahas yang tenggelam di Perairan Labuan Bajo 

TRIUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Kapal Motor (KM) Sahabat Muslimin dari Banjarmasin menuju Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) tenggelam di perairan Tabunio , Kabupaten Tanahlaut, Senin Senin (31/7) sekitar pukul 16;00 Wita.

Kapal pengangkut rotan ini tenggelam ternyata bukan karena dihantam ombak namun karena adanya kebocoran pada lambung kapal sehingga air masuk dan menggenangi kapal kayu yang berbobot sekitar. 71 gross ton ini.

Kepala Bidang Keselamatan Berlayar Penjagaan dan patroli KSOP Captain Dwiyanto ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tenggelamnya KM Sahabat Muslimin yang mengangkut rotan tersebut.

"Ia tenggelam namun penyebabnya bukan karena ombak namun karena kebocoran besar pada kapal dan alat pompa alkon tidak mampu menyedot air," papar Captain Dwiyanto.

Menurutnya begitu kapal bocor dan mau tenggelam para ABK menaiki rakit penyelamat dan sempat menelpon agen dengan menggunakan hp satelit mengabarkan posisi mereka. Petugas pun melakukan penyelamatan dengan menghubungi kapal yang berada di sekitar lokasi.

Dimana tubboat Tulus yang sedang berada tak jauh dari lokasi langsung melakukan pencarian dan menemukan para ABK terombang ambing.

"Sekitar satu malam mereka terombang di lautan dengan kedalam sekitar 50 meter lebih," papar Dwiyanto.

Menurutnya pada ABK saat diselamatkan terlihat cukup shock namun kondisi kesehatan merteka baik-baik saja meski ada satu ABk yang sempat susah makan.

"Usai kita data mereka pulang, tak ada dirawat di rumah sakit. Mereka beristirahat di rumah saja," jelasnya.

Lebih jauh ia mengatakan , beruntung saat kejadian dan kapal akan tenggelam nahkoda menghubungi pihak terkait denhan menggunakan telepon satelit yang ada dan memberitahukan posisi mereka sehingga petugas meluncur ke lokasi. (BANJARMASINPOST.CO.ID/irfani rahman)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help