TribunKalteng/

Kalteng Kita

Teken MoU, Universitas Utara Malaysia Dukung Pengembangan IAIN

MoU yang ditandatangani Rabu (2/8/2017) di Kuala Lumpur Malaysia ini pada dasarnya merupakan tindaklanjut dari Letter of Intent (LoI) yang telah

Teken MoU, Universitas Utara Malaysia Dukung Pengembangan IAIN
Istimewa
Vice Chancellor Universiti Utara Malaysia Prof Dato Seri Dr Muhammad Mustafa Ishak pada saat dilakukan penandatanganan nota kesepakatan (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Wakil Rektor IAIN Palangkaraya Abdul Qodir, Rabu (2/8/2017). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Kerja sama internasional IAIN Palangkaraya dengan Universiti Utara Malaysia (UUM), terus ditingkatkan.

Setelah beberapa waktu lalu dilakukan penjajakan Letter of Intent (LoI), kini kerja sama ditingkatkan dalam bentuk sebuah nota kesepakatan (Memorandum of Understanding/MoU) dengan IAIN Palangkaraya.

"Ini sebagai tindak lanjut dari pertemuan dan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya," ujar Wakil Rektor IAIN Palangkaraya Abdul Qodir yang menghadiri pertemuan tersebut.

Penandatanganan dilakukan Vice Chancellor Universiti Utara Malaysia Prof Dato Seri Dr Muhammad Mustafa Ishak.

Pengembangan IAIN Palangkaraya dengan melakukan kerjasama dengan University Utara Malaysia, sebelumnya telah disepakati kedua perguruan tinggi di Kedah, Malaysia. pada April 2016.

Pada kesempatan itu, Prof Dato Seri Dr Muhammad Mustafa, menilai IAIN Palangkaraya memiliki prosepek yang lebih baik untuk dikembangkan menjadi UIN.

Selain itu, Palangkaraya juga menjadi kandidat kota yang dicanangkan sebagai ibu kota pemerintahan RI.

Dengan alasan tersebut, salah satu perguruan tinggi terkemuka di negeri jiran ini ternyata juga memberikan dorongan yang besar agar IAIN Palangkaraya menjadi UIN.

Kepada Tribunkalteng.com, Rektor IAIN Palangkaraya Ibnu Elmi AS Pelu, menyatakan kerja sama kedua perguruan tinggi pada dasarnya dimaksudkan untuk pengembangan pendidikan sekaligus juga sebagai program internasionalisasi IAIN.

"Kami juga membicarakan pertukaran mahasiswa dan dosen, guru besar tamu, dosen tamu, post graduate S2 dan S3, review jurnal syariah, collaborative reseach dan lain-lain di bidang akademis," terang Ibnu Elmi.

Mengapa kerjasama ini dianggap begitu penting bagi IAIN Palangkaraya?

Ibnu Elmi menyatakan, IAIN Palangkaraya merupakan lembaga yang baru berdiri. Melalui kerjasama dimaksud, diharapkan dapat meningkatkan akreditasi perguruan tinggi ini.

"Ini juga diharapkan dapat memacu fakultas lain dapat melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri," timpal dia.

University Utara Malaysia dipilih karena selain merupakan salah satu perguruan tinggi terbesar di negeri jiran, juga memilki fakultas hukum dan syariah dengan produktivitas riset dan publikasi tinggi. (TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help