Kabar Dunia

Vietnam Meradang Kapal Nelayannya Ditembak TNI Gara-gara Mencuri Ikan

Awal pekan ini, sebuah Komite penyelamatan laut Vietnam mengatakan TNI Angkatan Laut Indonesia telah menembak dan melukai nelayan Vietnam akhir pekan

Vietnam Meradang Kapal Nelayannya Ditembak TNI Gara-gara Mencuri Ikan
KOMPAS.com/SUKOCO
ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM - Vietnam meminta Indonesia untuk menyelidiki dan mengklarifikasi laporan bahwa Tentara Angkatan Laut Indonesia menembak dan melukai dua nelayan Vietnam di Laut Cina Selatan.

Menteri luar negeri Vietnam, Pham Binh Minh mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi melalui telepon bahwa insiden yang dilaporkannya itu "sangat serius  dan tidak sesuai dengan hubungan kemitraan strategis antara Vietnam dan Indonesia".

"Vietnam sangat prihatin terjadinya insiden ini dan mengusulkan Indonesia untuk segera menyelidiki dan memperjelas kejadian dan menginformasikan kepdaa Vietnam hasilnya dan berhenti jangan mengulang hal serupa," ujar Minh seperti dikutip Tribunnews.com, Sabtu (30/7/2017).

Awal pekan ini, sebuah Komite penyelamatan laut Vietnam mengatakan TNI Angkatan Laut Indonesia telah menembak dan melukai nelayan Vietnam akhir pekan lalu.

Perahu nelayan Vietnam adalah berada di sekitar 132 mil (245 km) Tenggara dari pulau Con Dao ketika nelayan ditembak Sabtu malam.

Demikian laporan komite pencarian dan penyelamatan Provinsi Binh Dinh dalam situs webnya.

Laporan tersebut diambil dari halaman situs pada hari berikutnya.

Keterangan Kementerian Luar Negeri Indonesia kepada Reuters, berdasarkan informasi yang diterima oleh Angkatan Laut berbeda mengenai insiden ini.

Informasi yang ia terima menyatakan para nelayan Vietnam tersebut ditembak karena mereka menangkap ikan secara ilegal.

Menlu RI Retno mengatakan persoalan menangkap ikan ilegal itu telah menjadi isu jangka panjang antara Indonesia dan Bietnam. (*)

Berita ini sudah terbit di Tribunnews.com dengan judul Vietnam Protes Kapal TNI-AL Tembak Kapal Nelayan Vietnam di Laut China Selatan

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved