TribunKalteng/

Kabar Kalimantan

Mantan Dekan Fakultas Kehutanan Ditahan karena Kasus Dana Penelitian

Dalam surat berita cara tersebut disebutkan, penahanan terhitung mulai 26 Juli 2017 sampai dengan 14 Agustus 2017.

Mantan Dekan Fakultas Kehutanan Ditahan karena Kasus Dana Penelitian
www.isc2cares.org

TRIBUNKALTENG.COM, SAMARINDA - Giliran mantan Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, Samarinda, yang dijebloskan ke Rumah Tahanan Kempaja, Samarinda, Rabu (26/7) sore.

Kejaksaan Negeri Samarinda, menduga tersangka CDB melakukan tindak pidana korupsi dana penelitian yang bersumber dari bantuan pihak ketiga, yakni PT Turbalindo dan PT Berau Coal pada 2012 senilai Rp 2,7 miliar.

Pantauan Tribun, sebelum ditahan, tersangka CDB sudah dua kali mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Samarinda.

Pakar Kehutanan asal Unmul ini mengenakan kemeja abu-abu dipadu celanan hitam. Dengan tampilan khasnya rambutnya yang panjang diikat bagian belakangnya (kuncir).

Sebelum digiring ke Rutan Sempaja, ia diperiksa di ruang Kepala Seksi Pidana Khusus, Darwis Burhansyah.

CDB akhinya bersedia menandatangani berita acara penahanan tahap penyidikan nomor : 5768/Q.4.11/Fd.1/07/2017 tanggal 26 Juli 2017 dengan pasal yang disangkakan Primair Pasal 2 ayat (1). Jo Pasal 18 UU RI No.31 tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi.

Dalam surat berita cara tersebut disebutkan, penahanan terhitung mulai 26 Juli 2017 sampai dengan 14 Agustus 2017.

Kepala Kejaksaan Negeri Samarinda, Retno Harjantari Iriana melalui Kasi Pidsus Kejari Samarinda, Darwis Burhansyah mengatakan, penahanan tersangka untuk mempercepat penyelesaian perkara.

"Karena ini kan perkara tunggakan. Kita tidak ingin menggantung statusnya sebagai tersangka. Untuk memberikan kepastian hukum," kata Darwis, usai mengantar tersangka CDB ke Rutan Sempaja, di ruang kerjanya di Jalan M Yamin, Samarinda, Rabu (26/7/2017).

Perkara tersebut diusut sejak tahun 2014. CDB ditetapkan sebagai tersangka karena diduga melanggar aturan pengelolaan dana penerimaan negara bukan pajak (PNPB) yang dikelola langsung Fakultas Kehutanan. 
(Tribun Kaltim/Budhi Hartono)
 

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help