TribunKalteng/
Home »

Video

Kabar Kalsel

VIDEO : Luar Biasa! Kakek 87 Tahun Ini Tetap Mengajar Meski Hanya Guru Honor

Dulu, Pak Isur terkenal dengan sepeda ontelnya. Setiap pagi dia datang ke sekolah dimana jadwalnya dia mengajar.

TRIBUNKALTENG.COM, BARABAI - Usianya sudah sepuh. Tapi, bukan berarti dia rapuh. Suriansyah (87), mestinya menikmati hari-hari pensiun sebagai guru.

Namun hal itu tak dilakukan pria yang akrab disapa Pak Isur ini. Di usia senjanya, Pak Isur justru tetap semangat mengajar. Bahkan, dia mengajar 37 jam dalam satu minggu untuk empat sekolah sebagai guru honor.

SMPN 1 Barabai, MTs Barabai, SMK Muda Kreatif dan SMK Ganesya. Bagi Pak Isur, menjadi pendidik adalah panggilan jiwa, yang akan tetap dia lakukan selama masih diberi fisik yang sehat.

Dulu, Pak Isur terkenal dengan sepeda ontelnya. Setiap pagi dia datang ke sekolah dimana jadwalnya dia mengajar. Tiap kali ke sekolah, Pak Isur selalu menjadi guru yang pertama hadir.

“Saya selalu datang ke sekolah lebih awal. Kadang sekolah baru buka, saya sudah sampai,”tutur kakek enam cucu ini, ditemui BPost di rumahnya, Jalan Bintara Nomor 21, samping Gedung Joeang Barabai.

Sejak sepeda ontelnya rusak dan tak bisa diperbaiki, Pak Isur sempat menerima hadiah dari salah seorang siswanya yang sudah alumni. Sebuah sepeda elektrik yang mesinnya digerakkan tenaga accu.

Namun beberapa tahun digunakan, rusak, dia kembali menggunakan sepeda , jenis polygon. Jarak dari rumahnya ke sekolah-sekolah tempatnya mengajar, cukup jauh. Namun, Pak Isur tak pernah mengeluh dan merasa lelah.

“Saya justru merasa gembira kalau mengajar. Kalau kelamaan di rumah, rasanya cepat lelah,” katanya.

Hal itu pula menjadi alasan dia tak mau pensiun menjadi pendidik. Sekali pun digaji mulai Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu per bulan. Apalagi, sejak Januari 2017, SMA/SMK pengelolaannya diambil alih Pemprov.

Sejak itu pula, Pemprov Kalsel menaikkan honor guru SMA/SMK menjadi Rp 1 Juta per bulan. Bagi guru yang mengajar Kesenian (seni suara) dan Bahasa Inggris ini, tak digaji pun sebenarnya dia rela.

Halaman
123
Penulis: Hanani
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help