TribunKalteng/

Tips

Jika Kena Tilang, Langkah-langkah Berikut Ini Bisa Anda Pilih

Ia menyebut, masyarakat bebas memilih surat tilang merah atau biru meminta kepada Polisi Lalu Lintas (Polantas) ketika melakukan pelanggaran berkendar

Jika Kena Tilang, Langkah-langkah Berikut Ini Bisa Anda Pilih
Tribun Bali/I Gusti Agung Bagus Angga Putra
Ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM, PALEMBANG -- Deli (19), warga Palembang kaget saat membayar denda tilang di Bank BRI atas pelanggaran lalu lintas yang dilakukannya.

Ia mendapati jumlah uang yang harus dibayarkan di bank jauh lebih kecil dibandingkan jika mengikuti sidang dan membayar denda di pengadilan atau kejaksaan.

Menurut Deli, awal mulanya pada bulan Mei ia ditilang Polantas saat berkendara di Jalan Kolonel Atmo Palembang menuju Pasar 16 Ilir.

Tepat di simpang empat Jalan Kolonel Iskandar, ia menerobos lampu merah sehingga distop anggota polisi yang berjaga di pos lantas tak jauh dari lokasi.

Setelah mendapat salam ramah dari polisi, Deli diminta memperlihatkan surat-surat kendaraannya. Namun sayang, ia hanya bisa menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), sedangkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C disebutnya tertinggal di rumah.

Alhasil, mahasiswi ini ditilang dan mengakui kesalahannya. Ia pun mendapatkan slip tilang warna biru.

"Ditilang dua pasal, tidak bawa SIM sama melanggar lampu merah. Tapi aku tahu aku memang salah," katanya kepada Sripo belum lama ini.

Ia pun dapatkan surat tilang warna biru Sementara, Riyan mengaku pernah juga ditilang karena melanggar lampu lalu lintas dan tidak membawa SIM.

Waktu itu, ia mendapatkan slip merah dan harus mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Klas 1/A Palembang. Jumlah denda yang harus dibayarkan mencapai ratusan ribu rupiah.

"Seingat saya waktu itu bayarnya sekitar Rp 120.000, kena dua pasal," ujar Riyan.

Halaman
1234
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help