Kalteng Kita

Warga Kalteng Masih Banyak Habiskan Uang ke Luar Daerah

Kondisi ini tak bisa dipungkiri karena banyak karyawan perusahaan yang pulang ke daerah asal untuk merayakan lebaran.

Warga Kalteng Masih Banyak Habiskan Uang ke Luar Daerah
tribunkalteng.com/khaitami
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng Wuryanto (kiri) dan Deputi Ekonomi Moneter Setian.

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Peningkatan kebutuhan uang masyarakat Kalteng menjelang Idulfitri mendorong peningkatan perputaran uang selama Juni 2017.

Sayang, uang yang beredar itu justru kemudian lebih banyak dibelanjakan ke luar daerah. Padahal apabila dioptimalkan di dalam daerah, dipastikan kegiatan ekonomi Kalteng bakal lebih 'hidup'.

Kenyataan ini terungkap pada saat Bank Indonesia Perwakilan Kalteng membeberkan rilis indikator makro, Jumat (7/7/2017).

Disebutkan, total outflow melalui Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalteng mencapai Rp 1,95 triliun atau naik 83,81 persen. Sementara total inflow uang hanya Rp 59,70 miliar atau turun 77,82 persen dibanding bulan sebelumnya.

"Uang yang keluar dari BI lebih besar daripada yang masuk. Ini berarti banyak warga yang membelanjakan uangnya keluar daerah," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng Wuryanto.

Kondisi ini tak bisa dipungkiri karena banyak karyawan perusahaan yang pulang ke daerah asal untuk merayakan lebaran. Pun dengan warga pendatang lain yang juga memilih mudik.

Selama Juni 2017, total perputaran uang melalui Bank Indonesia mencapai Rp 2,03 triliun atau meningkat 51,15 persen. (*)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved