TribunKalteng/

Sosial Media

Viral di Medsos! Sungai di Bandung Merah Seperti Darah, Ini yang Terjadi Sebenarnya

Gambar itu diunggah oleh pemilik akun Instagram @mang_utun_dadang pada Senin (2/7/2017) dini hari.

Viral di Medsos! Sungai di Bandung Merah Seperti Darah, Ini yang Terjadi Sebenarnya
Instagram @mang_utun_dadan
Sungai Pagarsih berwarna merah yang menjadi viral di media sosial. 

TRIBUNKALTENG.COM, BANDUNG - Salah satu foto sungai kecil di Kota Bandung tengah menyita perhatian masyarakat lantaran airnya yang berwarna merah menyerupai darah.

Gambar itu diunggah oleh pemilik akun Instagram @mang_utun_dadang pada Senin (2/7/2017) dini hari. Dalam postingannya, pemilik akun menyebut bahwa sungai tersebut berada di kawasan Pagarsih.

" Sungai pagarsih kota bdg, sore tadi #bdgjuaranacet," tulis @mang_utun_dadang dalam keterangan fotonya.

Kompas.com pun menelusuri kebenaran foto tersebut. Hasil pencarian menunjukkan bahwa sungai kecil itu bernama Babakan Irigasi yang berlokasi di samping Pasar Uleukan Pagarsih, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung.

Dari pantauan di lokasi pada Senin (3/7/2017) sore, kondisi sungai tak memperlihatkan adanya bekas warna merah seperti yang tengah viral di dunia maya.

Beberapa anak kecil saat bermain di sungai Babakan Irigasi Pagarsih, Senin (3/7/2017) sore. Sungai tersebut tengah menyita perhatian warganet lantaran beredarnya foto di Instagram yang memperlihatkan air sungai berwarna pekat.
Beberapa anak kecil saat bermain di sungai Babakan Irigasi Pagarsih, Senin (3/7/2017) sore. Sungai tersebut tengah menyita perhatian warganet lantaran beredarnya foto di Instagram yang memperlihatkan air sungai berwarna pekat. (kompas)

Sarif Fatuloh (39), warga setempat tampak kaget saat Kompas.com memperlihatkan foto tersebut. Dia mengaku tak melihat adanya perubahan warna pada sungai sejak beberapa hari lalu.

"Kemarin saya nongkrong di depan sungai bahkan ada anak kecil yang sedang mencari ikan, tidak ada sungai merah begitu. Kalau lokasi di foto itu memang di daerah ini, tapi kemarin tidak ada seperti ini," kata Sarif.

Ade Yuhandi (60), warga lainnya juga memberikan keterangan serupa. Ia mengaku tak pernah melihat adanya perubahan warna air sungai pada sore kemarin.

"Kalau warnanya (merah) gitu mah, warga sudah riweuh atuh kang. Tadi juga saya lihat ada Badan Pengelola Lingkungan Hidup dan pihak kecamatan juga datang ke sini tadi siang," ucap Ade.

Soni (27), seorang penjual sosis goreng yang berlapak tepat di depan sungai menyangkal kondisi sungai dalam gambar di Instagram tersebut. Namun, ia tak menampik bahwa perubahan air sungai kadang terjadi akibat pencemaran limbah.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help