TribunKalteng/

Berita Palangkaraya

Miliki Wisata Beragam dan Kota Terluas di Asia Tenggara, Pantaskah Palangkaraya Jadi Ibu Kota?

Kota yang dilewati sungai besar ini punya banyak destinasi wisata alam. Selain itu, Kalteng terutama Palangkaraya juga terkenal dengan potensi wisata

Miliki Wisata Beragam dan Kota Terluas di Asia Tenggara, Pantaskah Palangkaraya Jadi Ibu Kota?
kompas.com
Kapal Motor Lasang Teras Garu menyusuri Sungai Kahayan di Kalimantan Tengah. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Wacana pemindahan ibu kota ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) terus bergulir. Tahukah Anda, salah satu kota terbesar di Asia Tenggara ini memiliki ragam destinasi wisata menarik.

Kota yang dilewati sungai besar ini punya banyak destinasi wisata alam. Selain itu, Kalteng terutama Palangkaraya juga terkenal dengan potensi wisata budaya dan kuliner.

Rumah adat khas Suku Dayak, yakni Rumah Betang, adalah salah satu destinasi wisata yang bisa disambangi. Berikut aneka wisata di Palangkaraya seperti dihimpun KompasTravel.

1. Menyusuri Sungai Kahayan

Palangkaraya dilewati salah satu sungai terbesar di Kalteng, yaitu Sungai Kahayan. Jika Anda menyukai petualangan dan berjalan-jalan menggunakan perahu motor, wisata susur sungai cocok untuk dilakukan.

Di bantaran sungai itu sedikitnya ada belasan perahu wisata berkapasitas 10 orang, juga Kapal Motor Lasang Teras Garu yang lebih besar. Wisatawan akan dibawa susur sungai selama satu jam.

Perahu wisata juga akan mengantarkan wisatawan ke beberapa lokasi menarik di sekitar sungai. Salah satunya adalah lokasi pertapaan pahlawan nasional asal Kalteng, Tjilik Riwut.

2. Desa Wisata Sei Gohong

Desa wisata ini menyimpan ragam kekayaan budaya milik Kalimantan Tengah. Jika Anda ingin menelusuri kakayaan budaya, adat, hingga kesenian Kalteng, maka tempat ini wajib disambangi. Lokasi desa wisata ini sekitar 32 kilometer arah barat Palangkaraya.

Di desa ini terdapat Huma Hai, atau rumah besar sekaligus rumah tradisional Kalimantan Tengah yang bersejarah.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help