TribunKalteng/

Otomotif

Saatnya yang Bergaji di Bawah Rp 5 Juta Beli Mobil Baru, Simak Caranya!

Cicilannya? Jika bunga diasumsikan sebesar 6 persen, maka angka cicilan yang didapat adalah Rp 1,4 juta per bulan.

Saatnya yang Bergaji di Bawah Rp 5 Juta Beli Mobil Baru, Simak Caranya!
Tribunnews/JEPRIMA
Suasana para pengunjung yang mulai memadati pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang berlangsung di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (1/5/2017). Pihak penyelenggara optimistis dengan target pengunjung 450 ribu orang di IIMS 2017. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNKALTENG.COM - Beberapa kalangan menganggap mobil menjadi kebutuhan khusus terutama mereka yang tinggal di kota besar.

Namun dengan penghasilan per bulan yang dianggap ”ngepas”, belimobil kadang menjadi impian belaka.

KompasOtomotif melihat ada celah kecil yang bisa dimanfaatkan mereka yang berpenghasilan cukup untuk membeli mobil baru.

Ada sumber yang bisa dimanfaatkan yaitu segmen mobil murah (LCGC), bank atau lembaga pembiayaan yang menyediakan fasilitas kreditdengan tenor panjang (hingga 8 bulan).

 
Estimasi

Contoh simulasi, penghasilan rata-rata terendah di Jakarta Rp 3 juta-Rp 5 juta. Untuk membeli mobil baru, cicilan minimal tak boleh lebih dari 30 persen dari penghasilan (Rp 900.000 sampai Rp 1,5 juta).

Dengan harapan, pembeli masih bisa ”hidup” dengan sisa gaji hingga sebulan.

Mobil baru apa yang bisa dicicil semurah itu? Hanya ada segmen LCGC yang bisa dijadikan patokan. Rata-rata mobil di segmen ini dipatok Rp 80 juta-Rp 130 jutaan. Pilihannya banyak, mulai Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go+ Panca dan Go hatchback, Suzuki Karimun Wagon R, hingga Honda Brio Satya. 

Satu-satunya cara awal yang bisa dilakukan adalah menabung hingga mendapat uang muka Rp 10 juta-Rp 20 juta.

Banyak lembaga pembiayaan yang menawarkan DP rendah dengan cicilan maksimal sampai 8 tahun. Jika Anda memilih opsi ini, lalu berapa total DP yang harus disiapkan dan kisaran cicilan per bulan? 

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help