TribunKalteng/

Kalteng Kita

1.396 Napi di Kalteng Dapat Remisi, 22 Warga Langsung Bebas, Ini Rinciannya

Selain bebas murni, masih ada 43 WBP yang mendapat remisi bebas dengan CB (Cuti Bersyarat). Mereka merupakan 38 penghuni Lapas Sampit, 2 dari Lapas

1.396 Napi di Kalteng Dapat Remisi, 22 Warga Langsung Bebas, Ini Rinciannya
Humas Kemenkum dan HAM Kalteng

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Idulfitri 1438 H, akan menjadi berkah bagi 22 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Kalteng. Itu karena, mereka segera menghirup udara kebebasan setelah menjalani hukuman.

Humas Kemenkum dan HAM Kalteng menyebut, pada hari raya Islam tahun ini sebanyak 1.396 WBP yang bakal mendapatkan remisi. Mereka tersebar pada 7 Lembaga Pemasyarakat dan dan 4 Rumah Tahanan Negara yang yang berada di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah. 

"Dari 22 WBP yang langsung bebas murni itu, rinciannya 2 orang dari Lapas Palangkaraya, 11 dari Lapas Sampit, 1 dari Lapas Pangkalan Bun, 3 dari Lapas Muarateweh, 1 dari Rutan Palangkaraya, 2 dari Rutan Buntok, dan 2 lainnya dari Rutan Tamianglayang," sebut Kepala Divisi Pemasyarakatan Anthonius M Ayorbaba seperti dikutip dari Humas Humas Kemenkum dan HAM Kalteng, Rabu (21/6/2017).

Selain bebas murni, masih ada 43 WBP yang mendapat remisi bebas dengan CB (Cuti Bersyarat). Mereka merupakan 38 penghuni Lapas Sampit, 2 dari Lapas Palangkaraya, 1 dari Rutan Kualakapuas, dan 2 dari Rutan Buntok.

Sedangkan yang bebas melalui PB (Pembebasan Bersyarat)  ada 3 orang yakni dari Lapas Sampit sebanyak 2 orang dan Rutan Buntok 1 orang.

Menurut Ayorbaba, remisi diberikan sebagai hak yang wajib diterima oleh para WBP. Remisi yang diberikan pada RK II yakni yang mendapat remisi 2 bulan ada 1 orang, remisi 1 bulan 13 orang dan 15 hari sebanyak 8 orang.

"UPT Kalteng yang paling banyak bebas WBP-nya yakni Lapas Sampit sebanyak 51 orang, belum lagi ditambah dengan 4 orang usulan tambahan yakni kasus tipikor.  Apabila disetujui maka menjadi 55 orang, dan mungkin itu merupakan sejarah di Indonesia karena sebanyak 55 orang bebas langsung," timpal dia. (*)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help