TribunKalteng/
Home »

Video

Seputar Kalsel

NEWSVIDEO: Ini Alasan Mengapa Pengemis Musiman Memilih Beroperasi di Banjarmasin

Di sisi kanan kiri jalan raya di seputar kota Banjarmasin terlihat adannya gelandangan dan pengemis ini bermunculan.

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Serbuan gelandangan dan pengemis musiman mewarnai Banjarmasin menjelang Lebaran. Di sisi kanan kiri jalan raya di seputar kota Banjarmasin terlihat adannya gelandangan dan pengemis ini bermunculan.

Ternyata, sebagian dari pengemis itu bukan pengemis lokal yang berdomisili di Banjarmasin, melainkan pengemis musiman. Mereka berasal dari luar Kota Banjarmasin, baik dari dalam wilayah Kalsel sendiri maupun dari luar Kalsel.

Aspihani adalah satu di antarannya. Pengemis ini mengaku baru datang dari Amuntai, HSU karena tidak punya pekerjaan di daerah asalnya. Tiap hari menggunakan sepeda, Aspihani mendatangi beberapa tempat di Banjarmasin, mebrahrap belas kasihan orang lain.

Meskipun tidak selalau mendapatkan uang, namun dia setia melakoni pekerjaannya ini. Bahkan, dia rela menyanggong jemaah yang baru pulang dari itikaf di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Padahal, saat itu dini hari.

Keberadaan pengemis musiman ini menjadi fenomena unik saat Ramadan dan jelang Lebaran. Belum ada solusi tepat dari pemerintah daerah untuk menuntaskan persoalan sosial ini. (*)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help