Marhaban Ya Ramadan

Rugi Membiarkan 10 Malam Terakhir Ramadhan, Ini Keutamaannya!

Ini merupakan pase penutup daripada bulan Ramadhan. Artinya Ramadhan akan segera berakhir.

Rugi Membiarkan 10 Malam Terakhir Ramadhan, Ini Keutamaannya!
net
LAILATUL QADAR 

TRIBUNKALTENG.COM - Tak terasa kita sudah memasuki fase 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Dimana pada 10 hari terakhir Ramadhan biasanya Masjid, musholah, ataupun majlis-majlis sudah mulai ditinggalkan para jamaahnya.

Fase ini merupakan pase pembebasan dari api neraka. Jadi sudah selayaknya kita semakin memperbanyak amal ibadah kita kepada sang khalik untuk meminta diampunkan atas segala dosa yang kita lakukan agar kita mendapat ampunanNya dan dibebaskan dari siksa api neraka.

Ini merupakan pase penutup daripada bulan Ramadhan. Artinya Ramadhan akan segera berakhir.

Karena itulah disebut dengan malam yang istimewa karena pada 10 malam terakhir ini ada malam yang lebih mulia daripada seribu bulan yaitu malam lailatul qadr.

Aisyah memberitahu kita: “Selama sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, Nabi (SAW) akan memperketat ikat pinggang dan menghabiskan malam dalam ibadah. Dia juga membangunkan keluarganya..” (Al Bukhari).

Nabi Muhammad SAW mendorong kita sebagai umatnya untuk melipatgandakan ibadah-ibadah kita.

Artinya Segala kegiatan yang mengundang ibadah harus lebih diperbanyak seperti qiyamullain, tilawah dan tadarus Qur'an, bertadabbur, berdoa, berzikir dan memperbanyak istiqhfar bahkan sedekah harus lebih diperbanyak lagi daripada malam-malam sebelumnya.

Pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan terdapat banyak keistimewaan yang tidak terdapat pada hari-hari lainnya. Di antara keistimewaan luar biasa yang Allah Ta’ala berikan kepada umat akhir zaman ini adalah adanya 1 malam yang lebih baik dari seribu bulan, yang kita kenal dengan malam lailatul qadr.

Dinamakan dengan Lailatul Qadr karena pada malam itu turun malaikan dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan hingga terbit fajar.

Sebagaimana sabda Nabi SAW " Carilah lailatur qadr di malam-malam ganjil dari pada sepuluh malam yang terakhir di bulan ramadhan". (HR Bukhari).

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help