Marhaban Ya Ramadan

Anak Susah Dibangunkan untuk Bersahur? Coba Tips dari Psikolog Ini

Sebelum puasa, anak sebaiknya dikenalkan dengan ritual-ritual saat puasa termasuk pentingnya manfaat makan sahur sebagai pemasok energi agar kuat

Anak Susah Dibangunkan untuk Bersahur? Coba Tips dari Psikolog Ini
net
Ilustrasi - Melatih anak berpuasa 

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Bagi anak yang baru belajar puasa, ibadah ini merupakan sesuatu yang berat. Tidak mudah untuk mengajarkan anak untuk menahan lapar dan haus.

Anak perlu diajarkan secara bertahap agar dia mampu terbiasa dengan kegiatan yang sebelumnya belum pernah dilakukan dan membuat anak mencintai aktivitas puasanya secara menyenangkan.

Satu hal yang kadang membuat orangtua jengkel adalah anak susah bangun sahur. Anak bangun pada pukul 04.00 adalah sesuatu di luar kebiasaannya sehingga sikap orangtua juga mesti sabar dan tanpa ada paksaan.

"Kebanyakan anak tidak mau makan saat sahur dikarenakan menu sahur yang tidak menarik sehingga orangtua perlu bervariasi dalam bentuk, rasa dan bahan makanan agar mereka tetap semangat dalam menyantap makanannya," kata Sukma Noor Akbar, Psikolog Fakultas Kedokteran ULM‎.

Sukmanoor menambahkan, melibatkan anak untuk memilih makanan untuk sahur, dan mendorong mereka untuk menyukai buah dan sayuran serta susu agar gizinya tetap terpenuhi.

Sebelum puasa, anak sebaiknya dikenalkan dengan ritual-ritual saat puasa termasuk pentingnya manfaat makan sahur sebagai pemasok energi agar kuat dalam berpuasa.

Jelaskan juga apa yang terjadi ketika anak tidak berpuasa yang berdampak pada badan yang akan lemes dan tidak kuat puasa.

Anak juga perlu diatur tidurnya seperti tidak terlalu malam. Biasakan anak untuk tidur setelah Salat Tarawih dan jangan terlalu dini dibangunkan saat sahur agar anak tidak ngantuk saat menunggu Salat Subuh.

Apresiasi bagi anak tentunya menjadi hal yang penting agar anak tetap termotivasi dalam menjalankan puasanya. "Pujian dan pelukan bisa jadi suatu sikap ampuh yang membuat anak gembira, suasana rumah juga di buat menyenangkan walaupun harus bangun tidur saat dinihari," jelasnya.

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help