TribunKalteng/

Kabar Kalimantan

Berita Hoax Mudah Tersebar, Ini yang Seharusnya Dilakukan!

Syahroni mengatakan jika tidak diantisipasi dengan baik, hoax dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat.

Berita Hoax Mudah Tersebar, Ini yang Seharusnya Dilakukan!
Ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM, SINTANG – Ketua Forum Komunikasi Pemuda Melayu (FKPM) Kabupaten Sintang Syahroni beranggapan tinggi dan derasnya arus informasi tidak terbendung jadi faktor utama berita bohong atau hoax cepat dan mudah tersebar ke masyarakat.

“Diperlukan filter terhadap arus informasi yang terus berkembang di tengah kemajuan pesat teknologi,” ungkapnya.

Syahroni mengatakan jika tidak diantisipasi dengan baik, hoax dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat. Terlebih jika berisi ujaran kebencian, berita fitnah dan informasi adu domba yang tidak jelas asal-usulnya.

“Saya meminta pemerintah dan aparat kepolisian lakukan deteksi dini terhadap isu-isu berkembang di masyarakat baik melalui media sosial maupun dari mulut ke mulut,” pintanya.  

Deteksi dini harus secara intens sebagai upaya agar tidak kecolongan dan hoax berdampak lebih luas. Aparat kepolisian juga diharapkan beri informasi transparan kepada masyarakat ketika telah ketahui isu-isu beredar.

“Ini agar masyarakat tidak gamang dan tercerahkan. Untuk menetralisir isu dan gesekan yang dihembuskan media sosial, semua elemen masyarakat harus membiasakan duduk bersama dan bersilaturahmi. Ini untuk menjaga kebersamaan dan pererat keberagaman, khususnya di Kabupaten Sintang ini,” tukasnya. (Tribun Pontianak/Rizky Prabowo Rahino)

Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help