TribunKalteng/

Inspirasi

Yuk Bikin Kampung Hijau, Tak Perlu Lahan Luas!

Kampung ini mulai giat penghijauan sejak satu tahun lalu. Setiap rumah diwajibkan memiliki tanaman hijau. Yang jadi ikonik sesuai kemauan warga,

Yuk Bikin Kampung Hijau, Tak Perlu Lahan Luas!
surya/sugiharto
Warga RT 7 RW 1 Kelurahan Airlangga Gubeng Surabaya menyirami tanaman di sekitar rumahnya. 

TRIBUNKALTENG.COM, SURABAYA - Suasana kampung RT 7 RW 1 Kelurahan Airlangga, Kecamatan Gubeng, yang asri, hijau, dan kaya inovasi, tak lepas dari peran warga.

Kekompakan dan kerukunan warga membuat kampung tengah kota mudah untuk membuat program. Penghijauan salah satunya.

Kampung ini mulai giat penghijauan sejak satu tahun lalu. Setiap rumah diwajibkan memiliki tanaman hijau. Yang jadi ikonik sesuai kemauan warga, tanaman buah belimbing.

Tanaman ini cukup mudah beradaptasi dengan cuaca Surabaya yang panas. Untuk perawatan, di setiap gang di kampung ini diberi jaringan aliran air berupa kran.

"Lalu, kami tambah selang 50 meter agar bisa digunakan semua rumah untuk siram-siram. Biasanya setiap sore ada penyiraman tanaman," kata Suwarno, Ketua RT 7.

Pot di kampung ini juga dibuat seragam. Kemudian dicat warna senada, kuning dan hijau agar orang yang melihat merasa segar dan bersemangat.

Di dinding-dinding kampung ini juga dimanfaatkan untuk diberi tanaman hidroponik.

"Sekarang sedang ditanami sawi. Kemarin baru panen tanaman selada. Kami yang menanam ya kami juga yang memanen," ulasnya.

Menurut Suwarno, warga di sini sudah paham pentingnya kompak dan gotong royong. Gara-gara kekompakan warga ini, kampung ini jadi juara lomba lingkungan tingkat Kota Surabaya, untuk kategori partisipasi? warga terbaik.

Berita ini dipublikasikan Surya.co.id dengan judul: Kompak Bikin Penghijauan Kampung, Setiap Rumah Wajib Miliki Tanaman

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help