TribunKalteng/

Gol Nacho Fernandez Ini Diprotes, Namun Wasit Tetap Mensahkan

Gol pertama Madrid yang diciptakan Nacho melalui tendangan bebas cepat sempat mendapatkan protes dari pemain Sevilla.

Gol Nacho Fernandez Ini Diprotes, Namun Wasit Tetap Mensahkan
Bek Real Madrid, Nacho Fernandez (kiri), merayakan golnya seusai membobol Sevilla pada 14 Mei 2017. (CESAR MANSO / AFP) 

TRIBUNKALTENG.COM, MADRID - Pertandingan La Liga antara Real Madrid dan Sevilla di Stadion Santiago Bernabeu, Minggu (14/5/2017) atau Senin dini hari WIB, membuka mata publik soal pemahaman terkait aturan tendangan bebas.

Pertandingan tersebut dimenangi Real Madrid dengan skor 4-1. Empat gol El Real ditorehkan Nacho Fernadez (10'), Cristiano Ronaldo (23;, 78'), dan Toni Kroos. Adapun gol semata wayang Sevilla dikemas Stevan Jovetic pada menit ke-49.

Gol pertama Madrid yang diciptakan Nacho melalui tendangan bebas cepat sempat mendapatkan protes dari pemain Sevilla.

Awalnya, Marco Asensio dijatuhkan lawan di depan kotak penalti tim tamu. Wasit Alberto Undiano lalu memberi tendangan bebas kepada Real Madrid.

Setelah itu, Nacho beraksi seperti pencuri. Dia dengan cepat menempatkan bola dan menendang si kulit bulat ke pojok kanan bawah gawang Sevilla.

Kiper Sevilla, Sergio Rico, hanya terperangah melihat bola masuk ke gawangnya.

Setelah itu, ada protes dari para pemain Sevilla tetapi gol tersebut tetap disahkan Undiano.

Cara Nacho mengeksekusi tendangan bebas cepat atau yang disebut quick free kick tidak melanggar Laws of the Game. Bagaimanapun, tim dalam posisi menyerang berstatus diuntungkan ketika pelanggaran dilakukan.

Tendangan bebas membutuhkan peluit jika ada insiden yang membuat laga harus berhenti sejenak seperti pergantian pemain, wasit memberi kartu, penanganan cedera, dan wasit membutuhkan waktu untuk mengontrol pemain.

Si penendang juga boleh tidak melakukan tendangan bebas secara langsung setelah meminta wasit untuk mengatur pagar betis. Setelah berbicara dengan wasit, pemain diperbolehkan menendang bola seusai peluit ditiup wasit.

Halaman
12
Editor: Halmien
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help