TribunKalteng/

Kalteng Kita

Ternyata, Ini Penyebab Keracunan Massal di Desa Tajepan Kapuas

Kasus keracunan massal yang terjadi di Desa Tajepan, Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, Kalteng jumlah korbannya mencapai 120 orang.

Ternyata, Ini Penyebab Keracunan Massal di Desa Tajepan Kapuas
Handover
Sejumlah warga Desa Tajepan yang mengalami keracunan saat mendapat penanganan medis di ruang IGD RSUD Soemarno Sosroatmodjo Kualakapuas, Rabu (3/5/2017) malam. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Kasus keracunan massal yang terjadi di Desa Tajepan, Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, Kalteng jumlah korbannya mencapai 120 orang.

Jumlah ini belum termasuk yang korban yang tidak melapor ke Puskesmas atau rumah sak it.

Kejadian luar biasa (KLB) itu terjadi Rabu (3/5/2017) petang sekitar pukul 18.30 WIB.

Tak lama setelah kejadian, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas langsung mengambil langkah-langkah cepat, seperti mengambil sampel lauk makanan di rumah yang memiliki hajatan selamatan, seperti nasi serta bumbu masak habang yang dibeli di pasar.

Juga mengambil sampel di Rumah Sakit Kapuas, seperti muntahan dari beberapa warga yang keracunan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi, melalui Kasi Kefarmasian Kastalani yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/5/2017) menyebutkan, keracunan itu disebabkan adanya bakteri Staphylococcus aureus.

Ini faktor pendukung tumbuhnya bakteri karena masak habang terlalu lama dibuat (periode waktunya), makanan yg sudah diolah sampai dikonsumsi, sehingga memungkinkan bakteri berkembang lebih banyak.

"Namun hasil dari laboratorium tersebut terjadi pada ayam masak merah," katanya. (*)

Penulis: Jumadi
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help