TribunKalteng/

Kuliner

Inilah Sosis Sehat Buatan Mahasiswa IPB, Rasanya Lezat Bahannya Dari Rumput Laut

Nah, Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari IPB ini menciptakan sosis So Imut, yaitu sosis yang diperkaya dengan rumput laut.

Inilah Sosis Sehat Buatan Mahasiswa IPB, Rasanya Lezat Bahannya Dari Rumput Laut
IPB
So imut, sosis rumput laut dari IPB. 

TRIBUNKALTENG.COM, BOGOR - Jika umumnya sosis itu dibuat dari daging sapi atau daging ayam, namun tidak dengan sosis kreasi mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) ini.

Pernah membayangkan tidak jika sosis dibuat dengan dicampur dengan rumput laut?

Nah, Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari IPB ini menciptakan sosis So Imut, yaitu sosis yang diperkaya dengan rumput laut.

Kreasi M. Habibur Rohman, Desta Elpina, Arief Wardana Herlambang, Fajriansyah Hendra Pratama, Miftah Rizky Islamoriza merupakan mahasiswa dari Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB ini mampu mengolah rumput laut jadi sosis.

Ketua PKM, Habibur sosis yang mereka namakan “So Imut” ini merupakan produk yang memanfaatkan rumput laut (Sargassum sp) sebagai bahan bakunya.

Menurutnya inovasi didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemeristekdikti) RI dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan tahun 2017.

“'So Imut' bisa menjadi produk unggulan yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat dari mulai anak-anak hingga usia dewasa. Produk sosis yang berbahan rumput laut ini belum ada di pasaran. Jadi peluang pasarnya masih luas,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Obi ini pun menjelaskan bahwa fungsi utama pembuatan “So Imut” adalah sebagai kudapan yang menyehatkan karena diolah tanpa pengawet dan tanpa MSG.

Ia pun mengatakan bahwa tujuannya, agar lebih aman dan sehat, ditambah kandungan rumput laut di dalamnya.

"Seperti kita ketahui, rumput laut (Sargassum sp) mengandung protein, karbohidrat dan serat kasar, zat-zat tersebut sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari karena mempunyai fungsi dan peran penting untuk menjaga dan mengatur metabolisme tubuh manusia," katanya.

Pihaknya juga yakin bahwa “So Imut” mampu bersaing dengan produk sosis lain karena memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh sosis lainnya.

" SO Imut ini dikemas dengan kemasan yang berisi 6 pcs. Sejak awal produksi hingga saat ini, sosis rumput laut “So Imut” sudah terjual sebanyak 252 pcs,” ucapnya. (TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho)

Editor: Didik Trio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help