TribunKalteng/

Kabar Kalimantan

Telan Biaya Rp 1,2 Triliun, Stadion Termegah di Asia Tenggara Ini Siap Digunakan

Dari segi lapangan dan kelengkapannya, seluruhnya sudah siap digunakan. Namun jika menilik sisi akses masuk menuju Stadion Batakan,

Telan Biaya Rp 1,2 Triliun, Stadion Termegah di Asia Tenggara Ini Siap Digunakan
TRIBUN KALTIM/MARTINUS WIKAN
Stadion Batakan, Balikpapan, Kaltim. Stadion megah ini akan menjadi markas baru Persiba. 

TRIBUNKALTENG.COM, BALIKPAPAN - Pembangunan Stadion Batakan Balikpapan saat ini sudah hampir mencapai 100 persen.

Bangunan stadion dengan nuansa Eropa ini kini memasuki masa pemeliharaan.

Jika tidak ada aral, stadion kebanggaan masyarakat Balikpapan ini bisa digunakan pada Juli 2017. Seperti diketahui, stadion mulai dibangun sejak 2010 memakan anggaran Rp 1,2 triliun.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan Tara Allorante, mengungkapkan saat ini bangunan yang tertutup di bagian tribun sudah dilengkapi fasilitas‑fasilitas penunjang seperti ruang pemain dan ruang ganti.

Dari segi lapangan dan kelengkapannya, seluruhnya sudah siap digunakan. Namun jika menilik sisi akses masuk menuju Stadion Batakan, masih perlu beberapa pembenahan.

"Ruang pemain dan ruang ganti semuanya lengkap, dari PU Juli dari sisi lapangan sudah bisa, tapi akses masuk belum bisa, kalau mau dipakai tanpa fasilitas dengan kondisi jalan seperti itu, bisa saja," katanya.

Tara menyebutkan, permasalahan kursi single seat bukanlah masalah utama. Stadion berkapasitas 42 ribu penonton tersebut diyakini sudah layak menggelar pertandingan level nasional.

Dengan catatan, rumput tumbuh maksimal dan jalan menuju stadion sudah tersambung.

Tidak ada syarat khusus yang mengatur kursi penonton. Hanya, dengan fasilitas yang ada, belum bisa menggelar pertandingan internasional.

Dikonfirmasi terkait kursi single seat, Tara menyebutkan tahun ini belum bisa dianggarkan. Hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan apakah anggaran pengadaan kursi bisa dianggarkan di APBD perubahan atau tidak.

"Belum ada bocoran untuk kursi, APBD perubahan belum ada bocoran," katanya.

Syarat yang harus dipenuhi agar Stadion Batakan lolos verifikasi The Asian Football Confederation (AFC) di antaranya punya sistem keamanan, ruang teknis, ruang ganti pemain, ruang wasit, ruang medis, ruang inspektur pertandingan, ruang match official, gawang, lampu minimal 2.000 lux, genset, jam besar, layar lebar, lahan parkir, ruang media, fasilitas media, ruang press conference, mixed zone, serta tribun untuk penonton.

Sementara itu, khusus tribun VIP standar AFC harus menyediakan minimal 50 tempat duduk yang terletak di bagian tengah dan terpisah dari tempat duduk media. Untuk tribun suporter boleh terbuat dari kayu, plastik, semen, atau besi.

Yang terpenting merupakan tempat duduk perorangan dan bukan kursi panjang, serta bersifat permanen.

Sedangkan untuk lahan parkir, minimal mampu menampung dua bus dan 10 mobil dari tim dan official, 20 mobil tamu VIP dan 50 mobil untuk rekanan AFC. (*)

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help