TribunKalteng/

Otomotif

SH150i Tanpa “Kick Starter”, Bagaimana Kalau Energi Aki Habis? Ini Penjelasan Honda

Winaryanto mengatakan konsumen di Indonesia yang harus menyesuaikan diri jika ingin memiliki SH150i.

SH150i Tanpa “Kick Starter”, Bagaimana Kalau Energi Aki Habis? Ini Penjelasan Honda
kompas.com
Honda SH150i. 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA – Mesin Skutik baru Honda, SH150i, tidak dilengkapi engkol kick starter. Desain seperti itu biasa dialami motor-motor Eropa, namun masih butuh penjelasan buat konsumen di Indonesia.

Menurut keterangan Winaryanto, Staff Instructur Technical Training Departement Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), mesin SH150i memiliki basis yang sama seperti PCX 150. Kedua model itu didesain mengacu ke pasar Eropa yang sudah terbiasa tanpa kick starter.

Winaryanto mengatakan konsumen di Indonesia yang harus menyesuaikan diri jika ingin memiliki SH150i. Pada model ini, peran aki sangat vital sebagai sumber kelistrikan dan operasional motor.

Honda SH150i tanpa engkol kick starter
Honda SH150i tanpa engkol kick starter (kompas.com)

Kalau energi aki habis?

Winaryanto mengatakan konsumen SH150i yang dijual Rp 44,9 juta tergolong premium. Prediksinya konsumen kelas atas seperti itu peduli pada perawatan kendaraan, jadi asumsinya bakal sering ke bengkel. Peluang aki dalam kondisi rendah dikatakan bakal kecil sebab selalu dicek mekanik saat servis.

“Kebiasaan konsumen yang harus diubah, kick starter itu hanya untuk motor reguler,” katanya, di Indonesia International Motor Show (IIMS), Sabtu (29/4/2017).

Perlu diketahui konsumen, jika energi aki habis di tengah jalan maka tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain mengisi ulang atau menggantinya dengan yang baru di tempat. SH150i menggunakan transmisi CVT sebab itu tidak bisa didorong buat menyalakan mesin seperti transmisi manual.

Saat mogok di jalan Winaryanto menyarankan langsung menghubungi AHASS (Astra Honda Autorized Service Station) terdekat.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help