TribunKalteng/

Berita Palangkaraya

Operasional Galian C di Kalteng Puluhan Tahun Tak Berizin

Izin galian C tersebut selama ini tidak ada, dan praktek jual pasir dan batu selama ini untuk jual belinya hanya dilakukan berdasarkan kesepakatan

Operasional Galian C di Kalteng Puluhan Tahun Tak Berizin
faturahman
Salah Satu Lokasi Galian C di Palangkaraya. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, akan membenahi perizinan galian C seperti batu dan pasir yang selama puluhan tahun ini operasionalnya tidak sesuai dengan ketentuan.

Izin galian C tersebut selama ini tidak ada, dan praktek jual pasir dan batu selama ini untuk jual belinya hanya dilakukan berdasarkan kesepakatan dilapangan saja.

Pasalnya, untuk potensi pasir dan batu yang digali bukan pada tempat khusus penggalian pasir dan batu, karena hanya merupakan potensi pasir dan batu yang ada di lahan warga saja.

Anggota DPRD Kalteng, MH Rizal, Minggu (16/4/2017) mengatakan, perlu regulasi yang baku dalam pengaturan penggaliannyaN sehingga tidak seperti yang terjadi saat ini.

"Regulasi diperlukan untuk itu, agar dalam operasionalnya semuanya legal. Pemprov Kalteng dan Pemkab Kotim harus bersinerji dalam menerapkan aturan terkait galian C ini," kata Ketua Gapensi Kalteng ini.

Dikatakan dia, diperlukan kebijakan dalam pengaturannya, karena masalah galian C juga menyangkut masalah masyatakat yang perlu material dalam pembangunan fisiknya.

"Jika menambang galian C dilarang, maka bahan bangunan untuk pembangunan akan bermasalah, karena persediaannya tidak ada. Selama ini pembangunan berjalan karena stok pasir dan batu tersedia," ujarnya.

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help